Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Mar 2020 10:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pecinan, Distrik yang Kental dengan Budaya Tionghoa

Metta Devi
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Tak hanya sebagai tempat tinggal dan berkumpulnya etnis Tionghoa, Pecinan juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata menarik.

Chinatown atau yang biasa kita sebut dengan pecinan pada mulanya terbentuk karena maraknya migrasi yang dilakukan oleh masyarakat Tiongkok ke daerah-daerah luar Tiongkok untuk mencari peruntungan. Migrasi yang dilakukan ke daerah asing mengakibatkan adanya rasa aman jika mereka tinggal berkelompok.

Dari kebiasaan inilah pecinan terbentuk. Dilihat dari letak geografisnya, biasanya kawasan pecinan ini terletak di dekat pusat perdagangan karena kebanyakan mata pencaharian imigran Tiongkok pada masa itu adalah pedagang. Seperti yang dapat kita lihat, hampir di setiap negara terdapat kawasan Chinatown tersendiri, begitu pula di Indonesia. Contohnya seperti Kampung Ketandan di Yogyakarta dan Kampung Semawis di Semarang.

Sekarang, kawasan pecinan ini menjadi penanda diakuinya multikulturalisme di Indonesia. Kawasan pecinan ini juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menarik karena kentalnya kebudayaan Tionghoa masih sangat terasa di sana.

Menjelang atau setelah Imlek, tak jarang pula diadakan festival kebudayaan di kawasan pecinan tersebut. Antusiasme masyarakat di sekitar wilayah pecinan tersebut dalam mengikuti festival kebudayaan yang diadakan setiap tahun juga tergolong tinggi.

Pada festival kebudayaan tersebut, terdapat berbagai pertunjukan seni yang dihadiri oleh masyarakat dari berbagai latar belakang. Pertunjukan barongsai dan kesenian Tionghoa juga digelar di festival ini.

Ada pula berbagai kuliner dari berbagai daerah yang dapat dicicipi oleh para pengunjung. Festival kebudayaan ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik bagi masyarakat.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA