Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Mar 2020 16:17 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sekarang #dirumahaja, Esok Kita Ke Kedung Pedut

Viengkihf
d'travelers
Foto 1 dari 5
Aliran air
Aliran air
detikTravel Community -

Kulon Progo mempunyai berbagai wisata alam yang dapat menjadi pilihan untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan, salah satunya Air Terjun Kedung Pedut.

Air terjun ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses menuju wisata ini cukup mudah dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, meskipun harus naik turun bukit, pemandangan sepanjang perjalanan sudah menjadi wisata tersendiri bagi pecinta alam. Udara yang segar dan hamparan sawah serta perbukitan menjadi teman perjalanan.

Sesampainya di area wisata, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang sudah tertata rapi. Di sepanjang jalan, wisatawan akan menjumpai titik-titik foto yang instagramable dengan alam dan air terjun sebagai latarnya.

Saat terbaik mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut adalah musim kemarau sehingga air yang ada di kedung akan tampak jernih memanjakan mata. Jika mengunjungi disaat musim hujan, wisatawan harus berhati-hati karena jalan setapak cukup licin untuk dilalui dan air di kedung tidak terlalu jernih karena bercampur dengan tanah.

Kedung merupakan cekungan atau kolam alam yang cukup dalam. Air terjun Kedung Pedut ini memiliki 5 kedung, yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang. Kelima kedung ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda.

Fasilitas yang ada tidak perlu diragukan lagi nih, seperti warung makan, kamar mandi, titik foto, gardu pandang dan lain-lain. Gardu pandang merupakan salah satu yang menarik, untuk melihat pemandangan yang ada di kedung pedut.

Nah, biaya yang perlu dikeluarkan tidaklah mahal. Wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp6000 untuk satu tiket masuk, dan untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp3000, sedangkan Rp10.000 untuk mobil. Air Terjun Kedung Pedut ini bisa menjadi rekomendasi wisata alam untuk kamu kunjungi nanti kalau Corona sudah reda. Sekarang jaga kesehatan ya, agar bisa piknik di kemudian hari.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA