Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jul 2020 14:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Berwarna Putih, Pantai di Malaysia Pasirnya Hitam

Lena Ellitan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Papan tanda kawasan Pantai Pasir Hitam, Langkawi
Papan tanda kawasan Pantai Pasir Hitam, Langkawi
detikTravel Community -

Pantai Pasir Hitam memang berbeda dengan pantai-pantai lainnya di pulau langkawi. Pasirnya hitam, bukan putih, tapi justru itulah yang jadi keunikannya.

Para pengunjung akan terpesona dengan keindahan dan keindahan pasir berwarna hitam yang ada di Pantai Pasir Hitam ini. Pasir hitam ini terjadi karena campuran granit turmalin ilmenite dan zircon.

Pantainya memiliki pasir berwarna hitam. Pasirnya tidak benar-benar hitam pekat, seolah-olah semacam debu hitam telah bercampur dengan pasir biasa.

Traveler dapat dengan mudah mencapai Pantai Pasir Hitam dengan menyewa taksi atau naik bus dari Bandar Kuah. Pantai Pasir Hitam atau dikenal dengan Black Sand Beach adalah pantai dengan hamparan pasir hitam di sepanjang pantai. Pantai ini merupakan salah satu daya tarik wisata di Malaysia dan Pulau  Langkawi khususnya.

Sebuah dermaga nelayan kuno di Pantai Pasir Hitam memberikan kesan sejarah membuat pemandangan yang sangat indah. Pemandangan ini dapat dikatakan populer di kalangan wisatawan lokal maupun pendatang. Di pantai ini juga terdapat perkampungan nelayan dengan jarak 300 meter dari pusat wusata di Pantai Pasir Hitam.

Pantai ini berjarak sekitar 2 km  sebelah barat Pantai Tanjung Rhu yang tersembunyi di ujing Langkawi. Di tepian pantai juga tersedia tempat duduk kereta makan dan kedai menjual barangan cendera mata. Selama musim hujan, pasir di sini lebih hitam daripada putih karena kandungan timah dan bijih mineral yang menguap di pantai.

Pantai pasir hitam adalah salah satu tempat favorit saya, karena relatif sepi dan anti mainstream seperti halnya Tanjung Rhu. Pantai Pasir Hitam menyuguhkan pemandangan paling nyata di langkawi terutama ketika kita mendengarkan cerita legenda di pantai ini.

Sebagian penjelajahan di Pulau Langkawi menjadi lebih bermakna dengan mengetahui nilai sejarah setelah mengunjungi Pantai Pasir Hitam atau Black Sand Beach Langkawi.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA