Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Mei 2020 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sawadee Khap! Inilah Phu Kradueng yang Indah di Thailand

nhe_firmansyah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Titik nol kilometer Phu Kradueng
Titik nol kilometer Phu Kradueng
detikTravel Community -

Taman Nasional Phu Kradueng merupakan salah satu taman nasional terbaik di Thailand. Tak percaya, ini buktinya.

Taman nasional ini berada di Provinsi Loei, wilayah Thailand Utara, sekitar 500 km dari Bangkok. Menurut laporan dari pemerintah setempat, Phu Kradueng merupakan taman nasional kedua, yang dibangun pada tahun 1962.

Terdapat gunung di Phu Kradueng dengan puncak tertinggi berada pada ketinggian 1288 meter. Nah, begini keseruan hiking di gunung Phu Kradueng.

Untuk mencapai lokasi, kami menggunakan bus jurusan Khon Kaen-Loei. Sesampainya di pos pemberhentian bus, lalu kami melanjutkan perjalanan untuk mencapai pos masuk menggunakan Songthaew (mobil kijang bak terbuka).

Untuk pengunjung domestik dikenai biaya 40 baht, sedangkan pengunjung dari luar Thailand dikenai biaya 400 baht (dewasa) dan 200 baht (anak kecil). Phu Kradueng hanya dibuka pada musim dingin (Oktober-Januari).

Penting diperhatikan yaitu pada pukul 14.00 pos masuk sudah ditutup untuk hiking, mungkin karena alasan keamanan pengunjung. Menurut informasi pengelola bahwa gajah liar masih sering ditemui di Phu Kradueng, terutama pada jam sore.

Sebelum kami memulai hiking, terlebih dahulu membayar asuransi dan biaya sewa tenda beserta perlengkapannya di loket. Ya, karena di area puncak terdapat camping ground yang luas dan terdiri dari ratusan tenda yang disediakan oleh pengelola setempat.

Kami juga menyiapkan jaket tebal, karena suhu di Phu Kradueng mencapai 9 C atau bahkan bisa lebih dingin. Di sepanjang trek dan area puncak banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman. Namun harus dipilih lagi untuk mencari yang halal.

Jalur hiking di Phu Kradueng memang sangat menantang. Kami menempuh jarak dari pos masuk menuju puncak sekitar 7 km (±8 jam perjalanan). Jadi para pemula disarankan agar lebih dulu melatih fisiknya sebelum hiking.

Terdapat beberapa pos yang menandakan bahwa disitu kita sudah berjalan seberapa jauh. Nama-nama pos tersebut diantaranya Pang Kok Ka, Sam Kok Done, Pran Pran Prae, Sam Bon, Sam Haek.

Trek pertama dengan jarak tempuh 2 km adalah trek kering berpasir dengan banyak bambu dan pohon kering. Trek kedua dengan jarak tempuh 2 km adalah trek tanah berbatu dengan rerimbunan pohon hijau.

Trek ketiga dengan jarak tempuh 1 km adalah trek tanah hitam dengan batuan besar yang akan mengantarkan ke titik puncak. Trek keempat dengan jarak tempuh 2 km adalah tanah berpasir dengan banyak pohon pinus yang menuju ke camping ground. Mulai dari trek pertama sampai trek ketiga, jalan yang dilalui selalu menanjak. Sedangkan trek keempat adalah trek datar.

Jadi, area puncak gunung Phu Kradueng ini berupa tanah datar yang cukup luas, berbeda dengan gunung di Indonesia pada umumnya. Ketika kami pertama kali mencapai puncak, kami menemukan pohon maple dengan daunnya yang berwarna merah dan titik puncak untuk berswafoto.

Setelah kami sudah berada di camping ground dan beristirahat di dalam tenda, esok harinya kami melihat sunrise di Nok Aen viewpoint. Selain itu juga terdapat air terjun di beberapa lokasi. Selepas sore hari, Lom Sak viewpoint menyajikan pemandangan sunset.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA