Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Mei 2020 13:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bertamasya Sambil Belajar di Taman Pintar Yogyakarta

Foto 1 dari 5
Stand ruang gerabah _{Foto : Christian Heru Cahyo Saputro)
Stand ruang gerabah _{Foto : Christian Heru Cahyo Saputro)
detikTravel Community -

Melancong ke Yogyakarta, tidak lengkap kalau tidak mampir ke Taman Pintar. Sebab, taman ini berada di pusat kota Gudeg itu.

Taman Pintar berada di Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta. Taman Pintar, selain berdekatan dengan beberapa objek wisata seperti Benteng Vredeburg dan Malioboro, letak taman ini juga tak jauh dari Istana Negara dan Kraton Yogyakarta. Lokasi yang strategis seperti ini yang membuat Taman Pintar mudah dikunjungi.

Taman Pintar Yogyakarta ini terdiri dari 160 zona permainan edukatif ini dibuat sebagai wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains. Taman Pintar ini merupakan taman edukasi terbaik se-Asia Tenggara.

Taman yang dibuat untuk memberikan alternatif wisata sains bagi anak-anak. Makanya, suasananya dibuat nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Landmark Kota Ternate yang Instagramable

 

Sejarah Taman Pintar

Sekitar tahun 90-an terjadi ledakan perkembangan sains, terutama dalam bidang teknologi informasi yang mendorong peradaban manusia menuju era tanpa batas. Menghadapi realitas ini sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas Taman Pintar ini.

Dinamai "Taman Pintar", karena di kawasan ini para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Taman Pintar dibangun di atas tanah bekas kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya , Benteng Vredeburg, Societiet Militer danGedung Agung. Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004.

160 Zona Permainan Edukasi

Taman Pintar dibagi tak kurang dari 160 zona permainan edukatif. Setiap zona selain sebagai arena bermain juga tempat belajar.

Begitu menjejakkan kaki memasuki pintu gerbang kita langsung masuk ke playground arena. Jalan masuk terpecah menjadi dua oleh sebuah koridor yang terdiri dari tiga tiang berbentuk segitiga di masing-masing sisinya. Air akan menyembur dari masing-masing tiang hingga membentuk koridor air. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan Gong Perdamaian Nusantara. Di sekeliling gong tersebut Nampak logo dari semua provinsi yang ada di Indonesia.

Ada berbagai permainan menarik sekaligus mendidik dengan nama menggelitik terdapar dikawasan ini. Koridor air, parabola berbisik, dinding berdendang, pipa bercerita, cakram spektrum warna, air menari, forum batu, tapak pintar, desaku permai, dan lainnya.

Permainan permainan dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan minat bocah terhadap sains.

Baca Juga: Mengenang Serunya Festival Gerobak Sapi di Prambanan

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA