Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Mei 2020 12:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Gua Hits di Yogyakarta, Sudah Pernah ke Sana?

Foto 5 dari 5
Keindahan Goa Kiskendo yang terletak di Kabupaten Kulon Progo
Keindahan Goa Kiskendo yang terletak di Kabupaten Kulon Progo
detikTravel Community -

Yogyakarta selain terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya, kini juga dikenal memiliki pesona-pesona keindahan pariwisata alamnya. Tak heran jika belakangan ini mulai banyak bermunculan gua-gua yang indah untuk dijadikan sebagai objek wisata baru. Jika traveler menyukai perjalanan yang kaya akan sejarah dan wisata berpetualang menelusuri goa? Rekomendasi tempat ini sangatlah cocok untuk traveler kunjungi, berikut 5 tempat wisata gua di Yogyakarta:

1. Gua Cerme

Gua Cerme, terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gua Cerme cukup terkenal akan sejarahnya, karena gua ini dulunya merupakan tampat bertemunya para Wali Songo untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Selain dari sisi sejarahnya, Gua Cerme ini memang memiliki keindahan yang menarik stalaktit dan stalakmitnya. Gua ini panjang sekitar 1,5 kilometer tempat ini dikenal dengan wisata adrenalin karena tempat yang sempit dan lembab.

Di dalamnya juga terdapat sungai bawah tanah yang jernih, para pengunjung dianjurkan untuk tidak masuk terlalu dalam ke perut gua pada saat musim hujan karena pada saat musim hujan ketinggian air di dalam Gua Cerme ini meningkat. Untuk para pengunjung lebih dianjurkan untuk mendatangi tempat wisata ini di kala musim kemarau, tentunya setelah pandemi COVID-19 ini berakhir.

Biaya masuk/retribusi Gua Cerme hanya sebesar Rp 2000, lalu untuk parkir sepeda motor Rp 3000 dan untuk parkir mobil Rp 5000. Untuk yang ingin menyusuri perut gua maka diwajibkan untuk menyewa pemandu sebesar Rp 50.000, satu pemadu bisa membawa lima orang untuk sekali jalan. Untuk sewa headlamp bagi yang tidak membawa senter atau penerangan, traveler bisa menyewa seharga Rp 5000 mengingat di dalam Gua Cerme ini memang benar-benar gelap.

2. Gua Kalisuci

Kabupaten Gunung Kidul kaya akan lokasi pariwisata dengan keindahan panorama alamnya. Salah satu keindahan panorama alamnya yaitu objek wisata Gua Kalisuci yang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gua Kalisuci merupakan objek wisata alam, yaitu susur sungai (rafting) sekaligus susur goa (cave tubing). Kawasan Gua Kalisuci merupakan wisata susua goa sekaligus sungai pertama di Indonesia. Jadi kawasan ini telah lebih dulu ada sebelum Gua Pindul yang sekarang ini lebih terkenal.

Berjarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota Wonosari, Gua Kalisuci ini menawarkan pesona dan keseruan yang hampir mirip dengan Gua Pindul. Ketika berwisata ke Gua Kalisuci, traveler akan menemukan keunikan berupa fenomena bukit kars serta gua yang dialiri sungai bawah tanah. Jarak tempuh cave tubing di gua ini sekitar 500 meter dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Pemandu akan memberikan banyak hal yang berkaitan dengan Gua Kalisuci serta mengarahkan perjalanan traveler dari titik awal sampai titi akhir. Selain berwisata dan berpetualangan mensusuri sungai serta gua, pengunjung juga mendapatkan banyak wawasan.

Untuk biaya tiket masuk dan menjelajahi Gua Kalisuci ini, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp 80.000. Destinasi wisata ini semakin seru jika kamu mengajak keluarga, teman, dan kerabat.

3. Gua Jomblang

Tempat wisata bagi para pecinta aktivitas ekstrem yang dijamin memacu adrenalin, yaitu Gua Jomblang. Gua ini biasa disebut sebagai Gua Vertikal karena memang mulut goa ada dipermukaan tanah. Untuk bisa masuk ke dalamnya, kamu harus memiliki keahlian dalam tali temali, agar bisa mencapai ke bagian dasar gua. Gua ini bisa dikatakan memiliki medan yang menantang, dengan kedalaman yang bervariasi antara 15 meter hingga 80 meter.

Sekalipun medan Gua Jomblang ekstrem seperti itu, namun tetap saja banyak wisatawan yang berminat untuk mengunjungi objek wisata yang menantang adrenalin ini, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk lokasi Gua Jomblang ini berada di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk jam buka dari pukul 08.00 - 14.00 WIB, untuk pengunjung yang ingin mendapatkan pemandangan yang luar biasa, sebaiknya datang sekitar pukul 10.00 - 12.00 WIB.

Harga tiket masuk Gua Jomblang ini, sebetulnya tidak perlu membayar kalau kamu memang memiliki peralatan pribadi dan tentunya berstandar aman tetapi harus minta ijin terlebih dahulu pada Kepala Dukuh yang ada di sana. Namun jika kamu tidak memiliki peralatan pribadi maka kamu harus menggunakan jasa pemandu serta menyewa peralatannya. Untuk biaya yang harus dikeluarkan kira-kira per orang antara Rp 450.000 - Rp 1.000.000 tergantung fasilitas yang kamu pilih.

4. Gua Pindul

Jika berlibur ke Jogja rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi Gua Pindul yang berada di Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogykarta. Gua yang berjarak 41 kilometer dari pusat kota Jogja ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai petualangan mensusuri sungai bawah tanah.

Saat mulai menyusuri Gua Pindul, anda akan disuguhkan dengan suara kepakan sayap kelelawar yang menghuni di goa tersebut. Di dalam goa ini juga terdapat batuan stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding dinding gua dengan berbagai ukuran batu.

Harga tiket masuk Gua Pindul ini sangat terjangkau untuk wisatawan, untuk tiket memasuki kawasan Gua Pindul sebesar Rp 10.000 per orang lalu untuk tiket masuk ke objek wisata Gua Pindul sebesar Rp 35.000 per orangnya. Namun biaya tersebut belum termasuk dengan fasilitas pemandu wisata serta penyewaan seperti baju pelampung dan ban pelampung, pengunjung harus merogoh kocek lagi untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Objek wisata Gua Pindul ini sangatlah cocok bagian anda yang ingin mengajak keluarga, teman, dan sahabat.

5. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo, nama ini tentu masih terasa asing bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja, apalagi bagi orang yang baru pertama kali datang dan baru mengenal kota istimewa ini. Berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat kota Jogja, di sepanjang perjalanan menuju goa ini kamu akan disuguhkan keindahan alam dan persawahan yang terhampar luas, setelah itu melewati perbukitan menoreh kamu akan merasakan kesejukan rimbun pohon yang menutupi jalanan aspal.

Seperti kebanyakan goa-goa pada umumnya, Gua Kiskendo tak jauh berbeda, namun yang membuatnya sangat istimewa menurut saya adalah karena terdapat sebuah legenda atau kisah tentang tokoh pewayangan, hal tersebut yang membuat saya sangat tertarik ketika berkunjung ke tempat ini. Para pengunjung akan dibuat heran dengan sejarah cerita dan mitos mengenai Gua Kiskendo, degan adanya tokoh pewayangan yang terpahat pada tembok batu di dekat mulut gua. Gua Kiskendo ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai cerita sejarah, cerita jawa, dan tokoh-tokoh pewayangan.

Dibandingkan dengan harga-harga tiket masuk wisata Jogja lainnya, kamu cukup membayar Rp 3000 per orang, namun belum termasuk jasa guidenya. Destinasi wisata Gua Kiskendo ini sangat cocok jika kamu mengajak keluarga, teman, dan kerabat dekat. Dengan harga yang sangat terjangkau kamu bisa menikmati keindahan Gua Kiskendo yang kaya akan cerita sejarahnya yang sangat menarik.

 

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



BERITA TERKAIT
BACA JUGA