Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 10:39 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Hiking Pertama Kali? Coba Mendaki Gunung Batu Jonggol di Bogor

Gema Bayu Samudra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan gugusan gunung dari puncak
Pemandangan gugusan gunung dari puncak
detikTravel Community -

Traveler penasaran bagaimana rasanya naik gunung? Bagi traveler yang masih pemula, Gunung Batu Jonggol bisa jadi pilihannya. Hanya perlu waktu 1-2 jam sampai puncak dan ketinggiannya hanya mencapai 875 meter di atas permukaan laut.

Walau tergolong pendek, medan yang ditawarkan cukup menantang. Bagi yang sering naik gunung pun cukup kewalahan karena medan sebelum puncak agak curam dan harus menggunakan tali.

Namun di balik kesulitan saat mendaki, panorama puncak Gunung Batu Jonggol tidak akan membuat tarveler kecewa. Karena pemandangan yang ditawarkan berupa gugusan gunung benar-benar indah.

Tips Bagi Pendaki Pemula

Sebelum mendapatkan panorama yang indah, alangkah baiknya yang baru pertama kali harus mempersiapkan fisik, setidaknya pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini menjadi penting agar tubuh kita tidak kaget dan mencegah keram saat mendaki.

Kalau persiapan fisik sudah, tinggal persiapan alat-alat lainnya. Seperti harus menggunakan sepatu, minimal menggunakan sepatu sendal. Bawa air setiap orang minimal 1,5 liter dan makanan. Makanan di sini disarankan yang menghasilkan tenaga secara instan, seperti cokelat, madu, kurma, dan gula merah.

Bawa jaket dan jas hujan untuk jaga-jaga apabila hujan. Bawa lotion anti nyamuk karena di sana banyak serangga. Jangan memaksakan tubuh kalau sudah ngos-ngosan, lebih baik istirahat sejenak tapi jangan terlalu lama karena akan membuat tubuh menjadi dingin dan lemas, serta yang lebih utama jangan lupa berdoa.

Lokasi, Harga Tiket, Rute, Transportasi

Gunung Batu Jonggol ini terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Untuk mencapai ke sana kalian harus menggunakan transportasi pribadi. Bila berangkat dari arah Cibubur, ambilah rute menuju Cileungsi lalu ke Kampung Menger. Gunung ini juga bisa dicapai dari arah Cibinong ke Citeureup lalu ambil arah Tajur lalu ke Sukamakmur.

Destinasi ini buka 24 jam. Harga tiket masuknya adalah Rp 30.000 yang sudah termasuk biaya parkir dan pendakian sampai puncak.

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



BERITA TERKAIT
BACA JUGA