Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Sep 2020 11:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jelajahi Luang Namtha, Kota Tua Indah di Utara Laos

Lena Ellitan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pusat Kota Luang Namtha yang sepi.
Pusat Kota Luang Namtha yang sepi.
detikTravel Community -

Jelajahi Laos sepertinya tak akan ada habisnya. Wisatawan akan selalu ingin tahu apa saja yang  bisa dieksplor di dalam negara ini

Kawasan utara Laos selain Luang Prabang, Oudomxay, Phongsali, Laos punya Luang Namtha. Luang Namtha adalah ibu kota provinsi dengan nama yang sama. Kota ini terletak di tepi Sungai Namtha, di bagian utara Laos. Seperti halnya Huay Xai, Luang Namtha terutama dianggap sebagai titik persinggahan.

Luang Namtha memiliki 2 bagian berbeda - kota tua di dekat bandara dibom selama tahun 1970-an dan kota baru, yang berjarak 6 km sebelah utara dari bekas. Wisatawan dari Tiongkok ke Laos menggunakan kota ini sebagai titik awal trekking di Kawasan Lindung Nasional Luang Namtha. Ini juga merupakan alternatif dari perjalanan perahu yang panjang (dan padat) antara Luang Prabang dan Huay Xai.

Apa yang bisa kita nikmati sebagai pejalan yang singgah di Luang Namtha? Salah satunya adalah mendaki gunung ke Kawasan Lindung Nam Ha dan suku-suku pegunungan di sekitarnya. Luang Namtha memiliki sawah dan hutan yang belum tersentuh dan serta pedesaan Lao.

Menjelajahi desa etnis Luang Namtha dengan sepeda menjadi aktivitas pilihan yang menyenangkan. Jalanannya lumayan dengan sedikit atau tanpa lalu lintas bahkan kita dapat melakukan perjalanan pulang-pergi sejauh 120 km antara Luang Namtha dan Boten. 

Desa-desa seperti Vieng Phouka, Muang Nalae dan Muang Sing adalah beberapa tempat pedesaan untuk dikunjungi selama perjalanan bersepeda Anda. Anda bahkan dapat mampir ke Air Terjun Nam Dee dan Gneung Phou Ku Lom untuk berenang singkat.

Restoran Luang Namtha kebanyakan menyajikan masakan Cina, Thailand dan Lao, meskipun ada juga beberapa yang menawarkan makanan barat. Sebagian besar penduduk setempat mencari nafkah dengan merawat sawah mereka, dengan beberapa melengkapi pendapatan pertanian ini dengan menyajikan masakan asli seperti khao niaw (nasi ketan), larb (salad daging cincang), dan atau lam (semur Lao). 

 

Pasar malam Luang Nam Tha memiliki beberapa kios yang menjual hidangan Lao, buah segar, mie, dan daging BBQ, kali lain saya akan gambarkan dan ceritakan bagaimana pasar malam di Luang Namtha. Jika kita menjelajah wilayah utara Laos jangan lupakan Luang Namtha.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA