Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Okt 2012 11:49 WIB

EVENT-WISATA

Datang Yuk! Pameran "Wayang Merentang Jaman" di Museum Nasional

Desi Puspasari
detikTravel
Susunan acara Pameran "Wayang Merentang Jaman"
Jakarta - Wayang merupakan salah satu karya seni dan budaya asli dari Indonesia. Untuk melestarikan kebudayaan ini, digelar pameran khusus wayang di Museum Nasional yang akan berlangsung sampai 10 Oktober 2012. Yuk, datang!

Wayang menjadi salah satu kebanggaan dari ragam kekayaan budaya Indonesia. Dalam pameran ini, akan diperlihatkan sebanyak 249 koleksi wayang yang berasal dari berbagai wilayah nusantara.

Indonesia punya beraneka ragam jenis wayang. Ada Wayang Kulit Cirebon, Jawa Tengah, Bali, Sasak, Banjar dan Palembang, serta Wayang Golek Sukabumi dan Cirebon.

Seperti diungkapkan dalam rilis yang diterima detikTravel, Senin (1/10/2012), kegiatan pameran khusus Museum Nasional di Jalan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat ini diadakan untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi tentang keragaman dan kekayaan budaya Indonesia melalui wayang dan nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya.

Pameran yang mengusung tema "Wayang Merentang Jaman" ini pun dipilih karena sekarang, wayang seringkali diabaikan kebradaannya. Padahal eksistensi wayang sejatinya tak dapat diabaikan dan bisa memberi tuntunan dalam kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, pameran yang diresmikan oleh Wakil Menteri Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Ir Wiendu Nuryanti, M Art, Phd, ini diharapkan bisa mebangkitkan kembali semangat masyarakat Indonesia untuk mencintai kesenian wayang.

Wayang memiliki tempat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia umumnya, dan masyarakat Jawa khususnya. Wayang bukan hanya sebuah tontonan, tetapi juga tuntunan bagi manusia dalam menjalankan hidup dan tugasnya. Sebagai sebuah perlambang, wayang sarat akan filosofi, nilai, makna dan ajaran, tentang ketuhanan, etika, moral dan budi pekerti.

Tidak heran bila 7 November 2003 lalu, UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan pusaka dunia yang berasal dari Indonesia, a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Untuk memeriahkan pameran, pelancong juga bisa menikmati beberapa kegiatan pendukung yaitu pertunjukan wayang kulit Ki Rumban, melihat pembuatan wayang dari limbah plastik, permainan dan kuis wayang, pembuatan wayang dari kardus, diskusi panel, pertunjukan cosplay wayang, dan pertunjukan wayang kontemporer.

Dengan adanya pameran “Wayang Merentang Jaman” setidaknya traveler bisa menikmati dan memanfaatkan museum sebagai media pembelajaran tentang khasanah budaya bangsa. Terlebih lagi, traveler bisa menghayati nilai-nilai budaya bangsa serta keragamannya, dan menyadari bahwa kebudayaan suatu bangsa akan mengalami perkembangan.

Masih bingung mau jalan-jalan kemana? Menyaksikan Pameran "Wayang Merentang Jaman" bisa jadi pilihan yang pas. Anda bisa membawa keluarga, keponakan, atau teman ke Museum Nasional.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA