Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Apr 2015 17:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo, Paling Top Sedunia

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Ikan-ikan segar di Pasar Tsukiji (Fitraya/detikTravel)
Ikan-ikan segar di Pasar Tsukiji (Fitraya/detikTravel)
Tokyo -

Sebuah pasar ikan, bisa menjadi destinasi wisata pasar paling top sedunia. Inilah Pasar Tsukiji di Tokyo, Jepang. Dari pasar inilah aneka daging ikan segar untuk aneka sushi berasal.

Jepang memang identik dengan wisata kuliner sushi, sashimi dan aneka olahan ikan lainnya. Kemampuan orang Jepang mengolah ikan segar memang membuat penasaran wisatawan. Itu sebabnya, turis pun penasaran dari mana ikan segar terutama di Tokyo, berasal?

Jawabannya adalah Pasar Tsukiji, pasar ikan paling besar di Jepang yang ada di sebelah tenggara Tokyo. Kalau mau tahu hiruk pikuknya, datanglah ke pasar ini seperti orang Jepang pada umumnya yaitu subuh hari.

Itulah yang detikTravel lakukan saat traveling ke Tokyo, Jepang beberapa waktu lalu. Ketika kereta bawah tanah mulai beroperasi pukul 05.00 waktu setempat, saya sudah menunggu di stasiun agar bisa sampai ke Pasar Tsukiji sepagi mungkin.

BACA JUGA: 3 Hari yang Luar Biasa di Tokyo Bersama Keluarga

Keluar dari stasiun, tinggal ikutin petunjuk arah menuju pasar besar ini. Awas! Ada peraturan yang harus dipahami wisatawan yang mau mengunjungi pasar ikan ini.

Pertama, Tsukiji bukan objek wisata melainkan pasar sungguhan dimana ada aktivitas jual beli antara pedagang dan konsumen. Kedua, oleh karena itu wisatawan jangan merecoki orang yang sedang bertransaksi ikan atau menghalangi aktivitas bongkar muat ikan.

Larangan ini dijelaskan lewat spanduk bergambar manga yang lucu. Berkunjung boleh-boleh saja, tapi jangan sampai mengganggu ya. Ingat, ada ratusan restoran di luar sana yang menunggu kiriman ikan-ikan dari Tsukiji. Kalau mereka terlambat gara-gara ulah wisatawan, kasihan kan.

Dengan mengikuti petunjuk arah untuk wisatawan dan pejalan kaki, kita bisa melihat berbagai aktivitas di Pasar Tsukiji. Yang paling ditunggu adalah melihat para pengolah ikan memotong ikan, membuat fillet dan mempersiapkan daging ikan untuk nanti diolah menjadi sushi atau sashimi. Mereka begitu terampil.

BACA JUGA: Ganbatte! Ayo Liburan Seru 3 Hari di Tokyo

Kita juga bisa melihat aneka ikan, gurita, cumi dan aneka produk laut yang sudah dikemas-kemas dalam kotak styrofoam bersama pecahan es batu agar tetap segar. Kotak-kotak ikan ini siap diberangkatkan ke berbagai toko dan restoran di seantero Tokyo. Selain ikan, di pasar ini juga dijual sayur mayur dan aneka bumbu yang biasa menjadi pelengkap masakan olahan ikan.

Karena wisatawan datang ke sini sejak pagi hari, biasanya Pasar Tsukiji menjadi pilihan untuk wisata kuliner pagi. Tersedia jejeran kedai sushi dan sashimi untuk sarapan.

Turis dan warga Tokyo rela antre untuk itu demi sushi dan sashimi paling segar se-Tokyo, harga yang agak mahal pun sepertinya bukan masalah untuk itu. Seporsi sushi harganya mulai 1.000 Yen atau sekitar Rp 109 ribu.

Cara ke sana:

Menuju Pasar Tsukiji cukup mudah. detikTravel menyarankan Anda berangkat ke sana paling lambat pukul 05.00 agar masih bisa leluasa melihat kegiatan mengolah ikan.

Wisatawan bisa naik kereta bawah tanah Jalur E (Oedo Line) turun di Stasiun Tsukijishijo, cari pintu exit A1. Keluar stasiun jalan ke arah kiri, Pasar Tsukiji langsung terlihat setelah 25 meter jalan kaki. Masuk ke pasar ini gratis!

BACA JUGA: Love Hotel di Tokyo, Orang Datang ke Hotel Untuk Bercinta



(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED