Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2016 11:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cara Liburan 1 Hari Keliling Hanoi

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Ho Chi Minh Mausoleum (Arief Kas/d'Traveler)
Ho Chi Minh Mausoleum (Arief Kas/d'Traveler)
Hanoi - Liburan asyik di Hanoi, Vietnam tak harus berhari-hari. Dalam 1 hari pun ada banyak tempat wisata yang bisa disambangi. Inilah itinerarynya!

Ibukota Vietnam ini menyimpan banyak bangunan bersejarah bergaya Prancis dan Tiongkok. Suasana di Hanoi memang cukup ramai, tapi masih lebih tenang dibandingkan Ho Chi Minh City yang penuh sepeda motor. Traveler pun bisa santai berjalan kaki keliling Hanoi seharian.

Dalam waktu sehari di Hanoi, banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan. Mulai dari keliling objek wisata sejarah yang letaknya berdekatan, icip-icip kuliner, hingga menyaksikan pertunjukan teater boneka air yang unik.

Disusun detikTravel, Kamis (7/1/2016), berikut cara liburan satu hari keliling hanoi:


(Youtube)

1. Presidential Palace

Awali petualangan di pagi hari dengan datang ke Presidential Palace. Istana kepresidenan tersebut dibangun di awal tahun 1900 untuk rumah bagi Gubernur Jenderal Indochina Prancis. Istana tampak berwarna kuning dengan gaya khas Eropa.

Gedung istana kepresidenan ini memang tidak dibuka untuk umum, tapi area di sekitar istana dengan taman yang asri bisa dimasuki. Wisatawan bisa berkeliling di sana sambil foto-foto.

Di antara taman-taman yang cantik, ada rumah panggung yang dikenal sebagai Ho Chi Minh Stilt House. Pemimpin dan pahlawan Vietnam, Ho Chi Minh sempat tinggal di rumah tradisional tersebut dari tahun 1958 hingga 1969. Rumah ini pun menarik sekali untuk dikunjungi.

Nah, supaya jalan-jalan di destinasi pertama ini bisa lebih nyaman, sebisa mungkin datanglah ketika komplek istana baru dibuka sekitar pukul 07.30 watu setempat.


(Arief Kas/d'Traveler)

2. Ho Chi Minh Mausoleum

Lanjutkan petualangan di Hanoi dengan berkunjung ke Ho Chi Minh Mausoleum. Traveler bisa jalan kaki dari Presidential Palace ke Mausoleum karena lokasinya berdekatan, yaitu di kawasan Ba Dinh Square.

Pahlawan terbesar bagi bangsa Vietnam, Ho Chi Minh, disemayamkan di mausoleum tersebut. Gedung ini didirikan sekitar tahun 1973 dan terbuka untuk pengunjung yang ingin memberikan penghormatan pada Ho Chi Minh.

Mausoleum buka setiap hari kecuali Senin dan Jumat. Selain itu, kunjungan hanya diperbolehkan dari sekitar pukul 08.00-11.00 waktu setempat. Traveler yang ingin masuk juga harus mengenakan pakaian formal dan tidak boleh membawa kamera.


(Arief Kas/d'Traveler)

3. Temple of Literature

Temple of Literature menjadi lokasi dari Imperial Academy, universitas nasional pertama di Vietnam. Kuil ini didirikan tahun 1070 dan disebut-sebut sebagai salah satu universitas tertua di dunia. Walaupun sudah berusia ratusan tahun, bangunan di sini masih tampak kokoh lho.

Bangunan di area kuil didominasi dengan arsitektur China. Kolam serta taman di sekitarnya yang tertata rapi dan sejuk dipandang, membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Kalau mau foto-foto juga tidak dilarang.

Untuk menuju Temple of Literature pun tidak sulit. Dari Ho Chi Minh Mausoleum, traveler bisa jalan kaki sekitar 20-25 menit atau naik taksi selama 10 menit saja.



(nnneeno/Instagram)

4. Hanoi Old Quarter

Usai wisata ke beberapa spot, saatnya makan siang dengan kuliner khas Vietnam di Old Quarter. Dari Temple of Literature ke Old Quarter jaraknya sekitar 3,3 km. Kalau jalan kaki dirasa melelahkan, silahkan naik taksi yang lebih nyaman.

Ada berbagai restoran enak di kawasan kota tua ini, seperti Bun Cha di Jalan Hang Manh dan Cha Ca La Vong di Jalan Cha Ca. Kalau tak ingin makan di restoran, banyak juga pedagang yang menjual street food.

Setelah makan, jangan langsung beranjak dari kawasan Old Quater. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi sambil jalan kaki, seperti Kuil Ngoc Son, Danau Hoan Kiem dan Katedral St Joseph.


(hanl0ng/Instagram)

5. Thang Long Water Puppet Theater

Tutup petualangan sehari di Hanoi dengan nonton pertunjukan di Thang Long Water Puppet Theater. Teater di 57 B Dinh Tien Hoang ini menyajikan kesenian boneka air khas Vietnam.

Kesenian tersebut sudah ada sejak abad ke-10. wisatawan pun bisa lebih mengenal bagaimana budaya Vietnam dengan menyaksikan pertunjukan unik itu. Selama pertunjukan berlangsung, boneka yang digerakkan dengan stik bambu akan beraksi di atas permukaan panggung yang berair.

Pertunjukan tersebut bisa disaksikan setiap hari sejak pukul 14.00 hingga 20.00 waktu setempat. Biaya tiketnya mulai dari USD 3 (Rp 41 ribu) hingga USD 5 (Rp 69 ribu), tergantung posisi tempat duduk.

Untuk peta detil perjalanannya, simak infografis itinerary di bawah ini:



(rdy/fay)

BERITA TERKAIT
NEWS FEED

Eksotisme Hutan Mati di Garut

Kamis, 14 Des 2017 23:10 WIB

Hutan mati di Gunung Papandayan, Garut sudah terkenal dengan eksotismenya. Meski jalur ke sana terbilang landai, harus tetap butuh stamina.