Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2016 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Dia Terowongan Unik Warisan Perang Vietnam

Foto: (Taufik Wijaya/detikTravel)
Ho Chi Minh - Liburan ke Ho Chi Minh, Vietnam, mampirlah ke Terowongan Cu Chi. Inilah tempat persembunyian unik tentara Viet Cong ketika Perang Vietnam.

Salah satu terowongan yang ikut berperan melindungi tentara Viet Cong ketika Perang Vietnam berlangsung adalah Cu Chi. Lokasinya ada di dataran tinggi Thanh Pho, Distrik Cu Chi, Ho Chi Minh, Vietnam.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Kamis (7/1/2016) terowongan ini diberi nama Cu Chi, sesuai dengan nama pohon yang tumbuh di sekitarnya. Fungsi terowongan adalah sebagai tempat persembunyian, serta menyimpan senjata dan makanan.

Pembuatan terowongan tidaklah mudah, hanya menggunakan sebuah cangkul kecil. Terowongan yang tadinya pendek, kemudian terus diperpanjang hingga 200 meter dengan tinggi mencapai 1,2 meter dan lebar 0,8 meter. Untuk pintu masuknya cukup kecil, hanya sekitar 30x40 cm.

Secara keseluruhan, ada 3 lantai di dalam terowongan. Lapisan pertama berada 3-4 meter di bawah tanah dan dipakai untuk persembunyian tentara. Serangan terhadap musuh juga seringkali dimulai dari sini.


(Taufik Wijaya/detikTravel)

Di lantai kedua dengan letak 6 meter di bawah tanah, dipakai untuk tempat berlindung anak-anak, orang tua dan prajurit yang terluka. Sedangkan di lantai ketiga yaitu 8-10 meter di bawah tanah, digunakan sebagai rumah sakit.

Terowongan Cu Chi dibangun dengan begitu detil. Karena posisinya di bawah tanah, tentu saja butuh lubang udara. Batang bambu pun digunakan untuk penyerapan oksigen dan pembuangan asap, dengan cara diletakkan di antara pepohonan dan tumpukan sampah agar tak dikenali musuh.

Yang mengagumkan lagi, terowongan menyalurkan air ke Sungai Saigon sehingga tak pernah terendam banjir. Ruangan khusus untuk berlindung dari penyerangan gas beracun pun dibuat. Dengan adanya ruangan itu, sebagian besar prajurit dan warga Vietnam selamat saat ada serangan gas beracun dari tentara Amerika.

Tapi sayangnya, dengan kondisi terowongan yang sempit dan dalam membuat oksigen sangat sedikit. Banyak juga tentara serta warga Vietnam yang meninggal akibat kekurangan oksigen.

Meskipun begitu, Terowongan Cu Chi tetap menjadi salah satu tempat yang sulit dihancurkan tentara Amerika. Dari senjata biasa, gas beracun hingga bom B-25 tak bisa menghancurkannya.


(Taufik Wijaya/detikTravel)

Selain dengan keberadaan terowongan, Viet Cong juga terbantu dengan kemampuan membuat jebakan yang mematikan. Seperti lubang yang ditutupi papan kemudian dilapisi tanah dan rumput. Jika ada musuh yang lewat di atasnya, akan jatuh ke dalam lubang yang telah dipenuhi tombak.

Ada juga jebakan lain berupa bangku. Orang yang duduk di sana akan jatuh ke dalam lubang penuh dengan senjata tajam. Akibat aneka jenis jebakan tersebut, banyak sekali tentara Amerika yang tewas.

Nah, terowongan dan sisa-sisa lubang jebakan itu masih bisa dilihat hingga saat ini. Wisatawan yang ingin tahu bagaimana rasanya berada di dalam Terowongan Cu Chi pun diperbolehkan masuk. Karena lubang masuknya kecil, tubuh harus agak membungkuk atau merangkak saat melewati terowongan.

Yang penting ketika masuk Terowongan Cu Chi harus pandai mengatur pernapasan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan pingsan akibat kekurangan oksigen. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA