Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jan 2016 18:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Tahu? Aneka Festival Unik di Dunia Tahun 2016

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: cheese-rolling.co.uk
Foto: cheese-rolling.co.uk
Gloucester - Tahun 2016 saatnya traveler mengunjungi aneka festival unik di dunia. Dari mengejar keju sampai mandi lumpur, semuanya menarik untuk diikuti.

Setidaknya ada 6 festival unik dari seluruh penjuru dunia yang bisa traveler ikuti. Disusun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (14/1/2016), inilah 5 festival unik di dunia yang bisa traveler datangi di tahun 2016:

1. Festival Keju Menggelinding, Inggris


(cheese-rolling.co.uk)

Festival tahunan super unik pertama yang bisa traveler datangi yaitu Festival Gloucester Cheese Rolling. Di festival ini, traveler bisa menyaksikan para peserta beradu cepat untuk menangkap sebuah keju berbentuk bulatan yang digeleindingkan dari atas bukit.

Sang pemenang adalah traveler yang bisa menangkap keju tersebut. Meski resiko cedera kerap mengantui para pesertanya, namun festival ini tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya. Festival unik ini digelar di Coopers Hill, Gloucester, Inggris setiap bulan Mei.

2. Festival Perang Jeruk, Italia


(Getty Images)

Italia tak hanya punya Menara Miring Pisa, tetapi juga sebuah festival unik bertajuk Festival Perang Jeruk. Sesuai dengan namanya, di dalam festival ini akan terjadi peperangan antar peserta dengan cara saling melempar jeruk satu sama lain.

Tentu saja berbeda dengan Festival La Tomatina di Spanyol yang menggunakan tomat, melempar jeruk ke arah wajah tentunya akan lebih menyakitkan daripada dilempar tomat. Festival ini biasa digelar di Kota Ivrea, Italia setiap bulan Februari.

3. Festival Menggendong Istri, Finlandia


(Thinkstock)

Tak mau kalah dengan negara benua Eropa lainnya. Finlandia juga punya satu festival unik bernama Wife Carrying Champhionsip, alias festival menggendong istri yang digelar setiap bulan Juli di Kota Sonkajarvi. Tentu saja di dalam festival ini, traveler bisa melihat adu cepat para suami menggendong istrinya hingga ke garis finish.

Memang jika dipikir agak sedikit konyol, namun festival ini jai tontonan favorit turis saat berlibur ke Finlandia. Lebih konyol lagi jika traveler tahu hadiah yang diperebutkan oleh para suami yang berhasil jadi yang tercepat, yaitu minuman bir seberat istri yang digendong oleh suaminya. Ada-ada saja!

4. Festival Songkran, Thailand


(Aldo Hutama Gunawan/d'Traveler)

Selanjutnya ada Festival Songkran yang bisa traveler datangi tak jauh dari Indonesia, kemana lagi kalau bukan Thailand. Festival ini biasa digelar untuk menyambut peringatan Tahun Baru berdasarkan penanggalan tradisional Thailand.

Jika datang ke festival ini, traveler sudah mesti menyiapkan baju ganti karena dijamin akan berbasah-basah ria. Byur! Traveler akan diguyur dan disemprot air oleh siapa saja saat berjalan-jalan di berbagai kota di Thailand. Ikuti keseruan Songkran di bulan April.

5. Festival Burning Man, AS

http://s19.postimg.org/ilwhie31v/burningman.jpg
(Thinkstock)

Festival unik berikutnya ada di negara Paman Sam bertajuk Festival Burning Man. Festival ini biasanya digelar di Gurung Pasir Nevada, dan dihadiri tak kurang ribuan orang setiap hari penyelenggaraannya.

Festival ini dipercaya mampu melepaskan stress dan energi negatif dengan cara membakar patung kayu dengan aneka bentuk. Festival unik yang digelar selama seminggu penuh ini biasanya diselenggarakan setiap bulan Agustus.

6. Festival Mandi Lumpur Boryeong, Korea Selatan


(Getty Images)

Di Korea Selatan, ada sebuah festival unik yang diselenggarakan setiap bulan Juli bernama festival Mandi Lumpur Boryeong. Di festival ini, traveler bisa mandi lumpur bersama sekitar 2 Juta orang traveler yang mengikuti festival ini.

Festival yang diselenggarakan di Kota Boryeong sengaja dieselenggarakan untuk menyambut musim panas di Korea Selatan. Traveler bisa mandi lumpur, main seluncuran, hingga bergulat di dalam lumpur. Pasti menyenangkan bisa bermain lumpur seperti di waktu kecil! (sst/sst)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Es Abadi Indonesia

Kesulitan Mendaki Es Abadi Indonesia

Kamis, 15 Nov 2018 07:20 WIB

Es abadi Indonesia berada di Puncak Jaya, Puncak Sumantri dan Puncak Carstensz Timur, Papua. Apa saja kesulitan yang ditemui para pendaki di sana?