Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Mei 2017 08:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Monumen John Lennon di Islandia, Bentuknya Cahaya Sampai ke Langit

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Imagine Peace Tower dari kejauhan (Iceland Travel)
Imagine Peace Tower dari kejauhan (Iceland Travel)
Reykjavik - Wisatawan penggemar The Beatles mesti liburan ke Islandia. Di sana ada monumen John Lennon yang unik, bentuknya cahaya yang ditembakan ke langit.

John Lennon semasa hidupnya adalah seorang aktivis perdamaian dunia. Salah satu kampanye yang mendunia, Imagine Peace, dimana John Lennon pada saat momen perang Vietnam membayangkan dunia yang damai. Bahkan ia membuat lagu berisikan cita-cita nya apabila tidak ada negara, agama bahkan surga.

Pada Oktober 2007 silam, Yoko Ono mendirikan menara Imagine Peace sebagai lambang perdamaian yang diimpikan oleh suaminya. Letaknya berada di Pulau Videy, Teluk Kollafjorour, Reykjavik, Islandia. Pembangunannya memakan waktu satu tahun dari 2006.

Dilansir detikTravel dari situs resminya, Rabu (10/5/2017) Imagine Peace Tower memiliki konsep yang berbeda dari kebanyakan menara. Bangunannya menjulang berdasarkan pancaran cahaya dari landasan monumen yang dinamakan sumur permintaan. Warnanya biru terang pada saat malam hari, persis seperti lampu dari luar angkasa di film-film fiksi ilmiah. Keren!

Di dalam Sumur Perdamaian, terdapat 500.000 pesan-pesan yang ditulis untuk perdamaian. Yoko Ono, sang istri telah mengumpulkan tulisan tersebut selama bertahun-tahun dalam kampanye Wishing Tree. Sumur Perdamaian juga memiliki ukiran 'Imagine Peace' atau dalam bahasa Indonesia Bayangkan Perdamaian yang tertulis dalam 24 bahasa.

Yoko couldn't have chosen a better place for this peace tower #mostpeacefulplaceonearth #imaginepeacetower #johnlennonlove

A post shared by Carolanne Labonté (@carolannelabonte) on May 6, 2017 at 1:27pm PDT



Pemandangan di sekitar monumen pun sangat memukau mata. Apalagi saat malam hari, traveler dapat melihat keindahan sinar biru yang tinggi di sekitar teluk dengan bukit-bukit di sekitarnya.

Usut punya usut, ide dari menara ini merupakan pemikiran Yoko Ono yang sedang membayangkan mercu suar pada tahun 1965, kemudian ia memberitahukan kepada suaminya, John Lennon.

Tetapi, menara ini hanya dapat menyala pada saat-saat tertentu, begitu pun tur yang tersedia. Seperti pada 9 Oktober, pada saat ulang tahun John Lennon hingga 8 Desember yaitu hari peringatan kematiannya. Serta pada momen-momen lain seperti pada 8 Februari saat ulang tahun Yoko, pertengahan Maret pada perayaan pernikahan John dan Yoko serta pada saat malam Tahun Baru. Saat cahaya dinyalakan pun, akan diiringi lagu 'Imagine' yang bikin merinding!

Saat sinar cahaya berwarna birunya menyala, pancarannya akan terlihat dari seluruh isi kota. Traveler pun bisa berkunjung dengan menaiki kapal ferry dari dermaga Skarfabakki dari pusat kota jika ingin melihat lebih dekat. Pada saat tertentu di musim gugur, restoran Videyjarstofa yang berada dekat dari monumen pun menggelar konser Tribute to John Lennon. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED