Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Ags 2017 15:52 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Saat Kematian Dirayakan dengan Kostum

Bona
Redaksi Travel
Ritual menrayakan kematian di Meksiko (Reuters)
Ritual menrayakan kematian di Meksiko (Reuters)

FOKUS BERITA

Ritual Unik dan Seram
Mexico City - Meksiko memang terkenal dengan aneka festival yang menarik. Salah satunya adalah Festival Kematian, di mana masyarakatnya berkostum tengkorak.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai Sumber, Kamis (10/8/2017) Dia de Muertos atau Festival Kematian merupakan sebuah tradisi mengenang kematian para keluarga atau kerabat dekat. Tradisi adat ini telah berlangsung semenjak ratuhan tahun lalu.

Itu sebabnya, Dia de Muertos berbeda dengan Halloween. Lalu seperti apa kemeriahan Dia de Muertos?

Orang-orang Meksiko percaya bahwa roh orang-orang yang sudah meninggal akan kembali dan berkumpul dengan keluarga saat festival ini berlangsung. Masyarakat akan melangsungkan parade di jalan, mengenakan pernak-pernik kematian dan kostum tengkorak.

 Masyarakat dan face art dalam Dia de Muertos (Reuters) Masyarakat dan face art dalam Dia de Muertos (Reuters) Foto: Reuters
Konon, para roh akan merasa terhibur dengan adanya perayaan ini. Tujuannya sendiri adalah mengenang dan menghormati orang-orang yang telah meninggal.

Para masyarakat bukan hanya mengenakan topeng tengkorak. Tapi juga merias wajah mereka sehingga mirip tengkorak. Tidak sedikit para perempuan yang merias wajah mereka mirip tengkorak namun dengan sentuhan face art. Sehingga mereka terlihat semakin menarik.

Untuk kostum, biasanya masyarakat akan mengenakan baju-baju bertema adat atau baju jadul. Aksesoris berupa bunga dan boneka tengkorak selalu menghiasi festival ini.

Di dalam rumah sendiri, para keluarga akan meletakkan seperti altar atau meja dengan foto-foto kerabat yang telah meninggal. Meja akan diterangi dengan lilin-lilin kecil. Momen ini digunakan untuk mengenal lebih dalam keluarga-keluarga yang telah meninggal di masa lalu.

Aksesoris tengkorak (Reuters)Aksesoris tengkorak (Reuters) Foto: Reuters
Karena ini festival kematian, maka bukan hanya rumah dan jalan yang heboh dengan parade dan dekorasi meriah. Kuburan pun dibersihkan sebelum dihiasi dengan berbagai lampu, bunga dan aksesoris lainnya.

Dia de Muertos akan berlangsung pada tanggal 1 dan 2 November tiap tahun. Beberapa kota yang terkenal dengan Festival Kematian paling meriah di Meksiko adalah Mexico City, Patzcuaro, Michoacan dan Janitzio.

Ssst.. ternyata, beberapa negara di Amerika Latin juga menyelenggarakan Festival Kematian, seperti Chile, Brazil dan Venezuela. Tapi tetap saja Meksiko yang paling meriah.

Sudah bukan rahasia kalau festival ini jadi daya tarik tersendiri bagi Meksiko. Kamu pun bisa ikut berpatisipasi dalam festival ini. (bnl/krn)

FOKUS BERITA

Ritual Unik dan Seram
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED