Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Sep 2017 07:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

3 Bandara Ini Ada di Atas Tanah Reklamasi

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Bandara Hong Kong (@Hoosier Tims Travel Videos/Youtube)
Bandara Hong Kong (@Hoosier Tim's Travel Videos/Youtube)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
Hong Kong - Umumnya sebuah bandara berlokasi di luar kota. Namun tidak hanya di luar kota, tiga bandara ini malah berlokasi di atas tanah reklamasi.

Kelangkaan tanah kadang menjadi masalah bagi sejumlah daerah untuk membuat bandara. Oleh sebab itu, mereklamasi tanah menjadi sebuah pulau menjadi salah satu opsi.

Sejumlah negara di dunia pun diketahui memiliki bandara yang dibangun di atas tanah reklamasi. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (14/9/2017), inilah beberapa bandara dunia yang dibangun di atas tanah reklamasi:

1. Bandara Internasional Kansai, Osaka

3 Bandara Ini Ada di Atas Tanah ReklamasiFoto: (Kansai Airports.co.jp)

Bandara yang dibangun di atas tanah reklamasi pertama dapat dijumpai oleh traveler di Osaka, Jepang. Kurangnya lahan di Osaka membuat pemerintah berinisiatif menimbun pulau di Teluk Osaka, dimulai pada tahun 1897.

Bandara Internasional Kansai pun dilengkapi dengan area bermain anak, shower, area internet dan amenitas lainnya.

Sayangnya, masalah perubahan iklum hingga gempa bumi menjadi momok dari bandara ini. Jika tidak ditanggulangi, bukan tidak mungkin kalau bandara ini akan tenggelam puluhan tahun mendatang.

2. Bandara Internasional Hong Kong

3 Bandara Ini Ada di Atas Tanah Reklamasi(@Hoosier Tim's Travel Videos/Youtube)

Setelah dipindahkan dari pusat kota yang padat, kini bandara Hong Kong yang baru dibangun di atas tanah reklamasi. Hal itu dilakukan, mengingat kurangnya lahan untuk bandara di pusat kota.

Dimulai tahun 1991, pembangunan Bandara Hong Kong menyatukan dua pulau kecil bersama dengan tanah reklamasi. Hasilnya adalah bandara baru Hong Kong yang dipakai kini.

Menariknya, Bandara Internasional Hong Kong yang baru ini berdekatan dengan lapangan golf dan Expo Center. Cukup jalan kaki dari landasan saja.

3. Bandara Internasional Makau

3 Bandara Ini Ada di Atas Tanah Reklamasi(Macau Airport)

Seperti saudaranya Hong Kong, Bandara Makau juga dibangun di atas tanah reklamasi. Kurangnya lahan dan padatnya pemukiman di Makau membuat Pemerintah setempat menimbun tanah untuk lahan bandara.

Walau landasannya dibangun di atas tanah reklamasi, sejumlah menara kontrol dan terminal utama ada di Pulau Taipa yang dihubungkan dengan lahan reklamasi.

Bandara Internasional Makau pun dilengkapi dengan area perbelanjaan Duty Free, restoran dan sejumlah gerai makanan fast food.

(rdy/aff)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.