Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Sep 2017 19:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bandara yang Cuma Dipakai Selama Satu Minggu Dalam Satu Tahun

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Bandara Black Rock dari ketinggian (Instagram/itsjoeduhhh)
Foto: Bandara Black Rock dari ketinggian (Instagram/itsjoeduhhh)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
Black Rock - Sebuah bandara biasanya selalu aktif hampir 24 jam. Namun bandara yang satu ini cuma dipakai seminggu, satu tahun sekali. Seperti apa?

Di Amerika Serikat, tepatnya sebuah kota di Black Rock, diadakan festival Burning Man yang diikuti traveler dari berbagai negara setiap tahunnya pada bulan Agustus. Karena diadakannya acara tersebut, pihak Black Rock membuat bandara khusus untuk menampung pengunjung.

Festival tersebut tepatnya diadakan di Gurun Nevada. Sedikit info, Burning Man merupakan festival di mana para traveler datang ke untuk membakar berbagai hiasan berukuran raksasa dengan tema tertentu.

Burning Man Festival di Black Rock City (Instagram/gregseguin)Burning Man Festival di Black Rock City (Instagram/gregseguin)
Selain banyaknya traveler yang datang, alasan lainnya adalah karena Gurun Nevada terletak di tempat yang cukup terpencil, sehingga cara paling mudahnya adalah dengan naik pesawat kecil jenis Cessna daripada mobil. Untuk itu, dibangun Bandara Black Rock khusus untuk tamu festival yang berlokasi di tengah gurun.

Meskipun hanya bersifat temporer, Bandara Black Rock sudah terdaftar di Badan Penerbangan AS (FAA) sejak tahun 1997. Juga memiliki nomor terdaftar yang resmi yaitu 88NV. Pesawat yang mendarat pun hanya tipe-tipe pesawat kecil. Seramnya, pernah terjadi dua kecelakaan pesawat pada tahun 2013 silam.

Kekurangan lainnya adalah, bandara ini tidak memiliki menara pengawas, sehingga pilot pun hanya bermodalkan detil dari radio Common Traffic Advisory Frequency. Juga, tidak semua pilot dapat mendarat di bandara Black Rock, hanya yang sudah profesional dan berpengalaman saja.

Pada hari-hari biasa di luar tanggal festival, bandara dan area festival akan dibongkar, da menjadi padang gurun seperti hari-hari lainnya.

Tahun ini, Burning Man Festival diadakan pada 27 Agustus hingga 4 September yang lalu. Tahun 2018 mendatang, akan dilakukan 26 Agustus-3 September 2018, yang artinya Bandara Black Rock juga akan dibuka pada tanggal tersebut. (aff/aff)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED