Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Sep 2017 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bandara Cristiano Ronaldo

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Bandara Cristiano Ronaldo, sebelumnya bernama Bandara Madeira (Petteri Kantokari/Google Maps)
Bandara Cristiano Ronaldo, sebelumnya bernama Bandara Madeira (Petteri Kantokari/Google Maps)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
Madeira - Cristiano Ronaldo. Nama pesepakbola satu ini begitu fenomenal. Prestasinya sudah tidak perlu ditanya lagi. Sampai-sampai ada Bandara Cristiano Ronaldo.

Sudah bukan rahasia lagi kalau nama Cristiano Ronaldo populer seantero planet Bumi. Bersama dengan Lionel Messi, mereka berdua silih berganti menduduki predikat sebagai Pesepakbola Terbaik Sejagat.

Bicara soal CR7, tak bisa dilepaskan dari tempat dimana dia berasal. Madeira, Portugal punya andil dimana Ronaldo tumbuh dan berkembang serta mengasah bakat olah bolanya sedari kecil. Di sisi lain, Ronaldo juga turut mengharumkan nama Madeira di kancah internasional.

Nama harum Madeira turut berimbas pula pada dunia pariwisata. Banyak turis yang berkunjung ke Madeira karena penasaran seperti apa wilayah dimana CR7 menghabiskan masa kecilnya. Ada juga museum yang berisi segala memorabilia tentang CR7.

Bandara ini salah satu yang tersibuk di Portugal (npa/Google Maps)Bandara ini salah satu yang tersibuk di Portugal (npa/Google Maps)

Dihimpun detikTravel, Kamis (14/9/2017) atas jasanya itu, Kepala Pemerintahan Madeira Miguel Albuquerque pun mengganjar Cristiano Ronaldo dengan sebuah kehormatan. Namanya akan diabadikan menjadi nama bandara di Madeira, menggantikan nama sebelumnya yaitu Bandara Funchal.

Perubahan nama dari Bandara Madeira menjadi Bandara Cristiano Ronaldo ini diresmikan pada 2016 silam. Bandara Madeira sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1964, dengan landasan pacu sepanjang 2.781 meter.

Bandara ini merupakan pintu gerbang bagi turis yang mau menjelajahi Pulau Madeira, kampung halamannya Ronaldo. Bandara Madeira melayani penerbangan domestik dan internasional.

Beberapa penerbangan domestiknya antara lain TAP Portugal dari Lisbon dan Porto, serta AeroVip dari Pulau Porto Santo. Penerbangan domestik tersebut memakan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam saja.

Banyak maskapai Inggris terbang ke Madeira (faroma/Google Maps)Banyak maskapai Inggris terbang ke Madeira (faroma/Google Maps)

Sementara untuk penerbangan internasionalnya, ada maskapai Thomson Airways, easyJet dan Jet2 yang terbang dari beberapa kota di Inggris seperti Birmingham, Manchester, London, Newcastle. Sedangkan dari Spanyol, ada maskapai Iberia yang terbang dari Madrid.

Setiap tahunnya, Bandara Cristiano Ronaldo menampung hingga 2,5 Juta orang penumpang. Cukup banyak untuk ukuran pulau kecil seperti Pulau Madeira. Bandara Cristiano Ronaldo ini pun jadi salah satu bandara tersibuk di Portugal.

Landasan Pacunya Unik

Yang bikin unik dari Bandara Madeira adalah landasan pacunya. Landasan pacunya dibuat di atas pilar-pilar setinggi 50 meter dan dengan diameter berukuran 3 meter. Pilar ini dibangun di pinggir pantai. Bagian bawahnya difungsikan sebagai jalan raya untuk mobil.

Landasan pacu ini dikelilingi lautan Samudera Atlantik yang biru luas. Saat pesawat landing, lautanini akan terlihat dari jendela. Panorama lautan dan Pulau Madeira yang hijau menjadi perpaduan tersendiri.

Landasan pacu bandara yang dibuat di atas pilar-pilar (ana.pt)Landasan pacu bandara yang dibuat di atas pilar-pilar (ana.pt)

Namun karena lokasinya juga, Bandara Cristiano Ronaldo dikenal sebagai salah satu bandara paling berbahaya di dunia. Di ujung landasan terdapat pegunungan runcing sehingga angin berasa cukup kencang!

Pilot pun harus pintar membaca arah angin dan menjaga keseimbangan saat akan mendaratkan pesawat. Anginnya cukup kuat mengguncang pesawat, sehingga membuat pesawat seperti terlihat oleng sebelum mendarat.

Bandara ini cukup berbahaya (aviationchannel2010/Youtube)Bandara ini cukup berbahaya (aviationchannel2010/Youtube)

Traveler yang ngaku sebagai penggemar CR7 rasanya wajib mampir ke Madeira, kampung halamannya Ronaldo. Lihat juga Bandara Cristiano Ronaldo yang unik di Madeira!

(rdy/aff)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.