Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Okt 2017 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Islandia, Si Cantik dan Damai yang Baru Lolos ke Piala Dunia

Afif Farhan
Redaksi Travel
Timnas sepakbola Islandia (Shaun Botterill/Getty Images)
Timnas sepakbola Islandia (Shaun Botterill/Getty Images)
Reykjavik - Islandia baru saja lolos ke Piala Dunia di Rusia 2018 mendatang. Sepakbolanya mencuri perhatian, tapi wisatanya sudah lebih lama mencuri perhatian traveler.

Islandia, negara kecil di Eropa mengukir sejarah. Pertama kalinya, Islandia lolos ke putaran Piala Dunia setelah berhasil menjuarai Guara Grup I (di laga kualifikasi Piala Dunia) dengan nilai 22 dari 10 pertandingan. Mereka unggul dua poin dari Kroasia yang finis sebagai runner-up.

Tentu, perhatian para pecinta sepakbola tertuju ke sana. Banyak yang penasaran, bisakah Islandia membuat kejutan seperti di Euro 2016? Tentu jawabannya hanya bisa ditunjukan di lapangan hijau.

Menilik Islandia lebih dalam, negara di bagian utara dari daratan Eropa ini punya bentangan alam yang luar biasa indah. Bahkan, jadi impian para traveler untuk pergi ke sana. Mungkin kamu salah satunya.

Aurora

Islandia dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora. Aurora adalah fenomena alam berupa pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer, akibat adanya interaksi oleh medan magnetik dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.

Intinya, aurora ini berbentuk cahaya yang berwarna hijau, merah, ungu, hingga biru yang ada di langit pada malam hari. Sungguh cantik!

Islandia, Si Cantik dan Damai yang Baru Lolos ke Piala DuniaAurora Islandia (visitreykjanes)


Seperti yang dilihat dari situs resmi Visit Reykjavik pada Sabtu (11/10/2016) Islandia mempunyai spot bagus untuk menyaksikan fenomena ini yaitu di daerah Reykjavik. Traveler bisa menyaksikan atraksi aurora dari semenanjung ini.

Semenanjung ini masih sangat alami. Pemerintah setempat membuat peraturan pemadaman listrik setiap malam sampai pagi. Sehingga saat traveler menyaksikan atraksi aurora, cahaya yang muncul tidak tercampur dengan cahaya lampu kota.

Saat aurora terjadi dominasi cahaya hijau akan muncul. Suasana semenanjung yang gelap perlahan terang oleh cahaya utara. Pantulan cahaya aurora di air pun menambah keeksotisan fenomena ini. Ada lagi tempatnya di Jokulsarlon, yang dekat dari Lingkar Arktik, Kutub Utara. Lebih sepi, lebih syahdu.

Gunung-gunung Berapi

Siapa sangka, rupanya Islandia diberkahi bentang alam berupa gunung-gunung berapi. Banyak gunung berapi yang masih aktif, lanskap bebatuan tandus dan sumber-seumber air panas yang mendidih. Namun tentu, itu jadi suguhan yang ciamik buat traveler.

Tempat-tempat tersebut adalah Krafla dan Dimmuborgir. Lokasinya berdekatan, hanya terpisah 18 km dan berada di wilayah Myvatn. Untuk mencapai kedua tempat itu, harus naik mobil setidaknya 6 jam dari Reykjavik, ibukota negara Islandia yang ada di bagian selatan.

Islandia, Si Cantik dan Damai yang Baru Lolos ke Piala DuniaFoto: (Anita Isalska/BBC)


Tanah yang hitam dan tandus terhampar sejauh mata memandang. Aliran lava terlihat di beberapa sudut, dan banyak asap yang keluar dari balik bebatuan. Banyak yang bilang, kalau tempat-tempat tersebut dijuluki sebagai 'Tempat Iblis Mendarat di Bumi'.

BACA JUGA: Islandia, Tempat Iblis Mendarat di Bumi

Sumber-sumber air panas

Karena banyak gunung berapi, maka Islandia juga memiliki banyak pemandian air panas alami. Salah satunya yang terkenal dan menarik daya turis karena panoramanya yang indah adalah Blue Lagoon.

Sungguh menakjubkan pemandian ini, warna airnya begitu unik seperti susu berwarna biru, dan di sini juga kita bebas menggunakan masker lumpur mineral yang konon katanya akan buat kulit awet muda. Inilah sebuah geothermal spa terpopuler.

Islandia, Si Cantik dan Damai yang Baru Lolos ke Piala DuniaFoto: (Thinsktock)

Selain itu, beberapa pemandian air panas terkenal lainnya di Islandia seperti Snorralaug (pemandian air panas yang sudah ada sejak abad ke-10), hingga Grjotagja yang lokasinya ada di dalam gua.

BACA JUGA: Sekali Seumur Hidup, Mungkin Anda Harus Mandi di Sini

Gua-gua es

Lokasinya yang berada di utara Eropa dan dekat Kutub Utara, membuat Islandia terkenal sebagai negara yang dingin. Satu yang paling terkenal adalah Gua Svinafellsjokull.

Gua ini terbentuk oleh gletser Vatnajoekull yang turun dari lereng Ouraefajoukull, dan berubah menjadi es gletser bertekanan tinggi, hingga hampir tidak ada gelembung udara.

Islandia, Si Cantik dan Damai yang Baru Lolos ke Piala DuniaFoto: (Thinsktock)


Uniknya, langit-langit gua ini terbentuk dari gletser yang menyerupai seperti sebuah terowongan. Gletser itu pun mempunyai warna yang biru jernih, berbeda dengan bagian bawahnya yang agak berwarna hitam seperti lumpur. Traveler yang ingin masuk ke dalam sini bisa melewati mulut gua dengan ketinggian sekitar 6,7 meter yang berada di dekat garis pantai.

Bentuk dan warna gletser yang seperti air, seolah memperlihatkan kalau lokasi ini berada di bawah air. Sungguh luar biasa indahnya!

Negara yang Super Damai

Sudah banyak penilaian dari berbagai organisasi internasional, terkait tingkat kebahagiaan atau keamanan suatu negara. Bukan rahasia lagi, kalau Islandia selalu masuk dalam daftarnya!

United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) dari PBB menyatakan bahwa angka kriminalitas di Islandia sangatlah rendah. Angka pembunuhan di sana adalah 1,8 per 100.000 penduduk per tahun. Bayangkan dengan Amerika, yang angkanya 5,8 per 100.000 penduduk.

Bahkan, para orang tua di sana sudah terbiasa meninggalkan bayinya begitu saja untuk bermain di luar ruangan. Kalau ke sekolah, mereka juga suka menintipkan anaknya ke orang lain jika tak punya waktu.

Islandia, Si Cantik dan Damai yang Baru Lolos ke Piala DuniaFoto: (Dok. logreglan/Instagram)


Penduduk Islandia yang berjumlah sekitar 300 ribuan orang pun jauh dari kata kesenjangan sosial. Mengapa, sebab bagi mereka tidak ada perbedaan antara masyarakat kelas atas, menengah dan bawah.

University of Missouri, universitas dari AS pernah melakukan survei kepada masyarakat Islandia perihal status sosial tersebut. Hasilnya mengejutkan, hanya 1,1 % yang menilai dirinya adalah kalangan kelas atas dan 1,5 % mengaku sebagai kalangan kelas bawah. Sisanya, 97 % mengidentifikasi diri mereka sebagai dua-duanya.

Foto: Kehidupan Polisi di Negara Paling Aman Sedunia

Jadi kapan, kamu traveling ke Islandia? (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED