Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Okt 2017 17:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bahasa Inggris Tapi Aneh, Ada di Negara Ini

Bona
Redaksi Travel
Kepulauan Vanuatu (Eric Lafforgue/BBC/Getty Images)
Kepulauan Vanuatu (Eric Lafforgue/BBC/Getty Images)
Pentecost - Sebuah kepulauan kecil di Samudera Pasifik Selatan bernama Vanuatu. Pulau ini punya bahasa yang bernama Bislama. Serapan dari bahasa Inggris tapi sedikit aneh.

Diintip detikTravel dari BBC, Rabu (18/10/2017) Vanatua menjadi destinasi populer untuk melihat gunung vulkanik yang super aktif, namanya Volkeno. Mirip bahasa Inggriskan?

Kepulauan Vanuatu memang sangat unik dalam hal bahasa. Vanuatu sendiri memiliki 100 bahasa berbeda dengan 83 pulau. Sedikit mirip Indonesia ya?

Ada satu bahasa yang jadi bahasa nasional, yaitu Bislama. Bahasanya mirip Inggris, tapi agak sedikit aneh karena sudah dicampur dengan logat dan dialek Vanuatu.

'What is your name?' adalah pertanyaan dasar dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Bislama, berubah menjadi 'Wanem nem blong yu?'.

Blong menjadi kata serapan dari kata belong. Begitu pun saat orang Vanatua menanyakan negara asal turis. Pertanyaannya menjadi 'Yu blong wea?'.

Bahasa Bislama lahir dari bahasa pra kolonial di Vanuatu. Bislama sendiri memiliki arti beche-de-mer atau siput laut.

Pada abad ke-18, pelaut China begitu tertarik dengan siput laut. Dan banyak dari orang Vanuatu yang juga terpikat dengan janji dan uang, kalau ikut melaut.

Punya sekitar 100 bahasa, membuat para pedagang sulit berkomunikasi dengan orang Vanuatu. Akhirnya, diputuskanlah bahasa perdagangan yaitu bahasa Pidgin.

Menjelang tahun 1860-an, banyak perkebunan gula di Australia juga mencari tenaga kerja. Dalam sebuah praktik yang dikenal sebagai blackbirding. Orang-orang Ni-Vanuatu dibawa ke Queensland untuk bekerja. Tapi, tidak semuanya secara sukarela.

Semakin lama, bahasa ini terus menyebar di sudut-sudut Vanuatu. Ketika Vanuatu menjadi koloni Inggris dan Prancis gabungan pada tahun 1906, Bislama jadi bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Meskipun bahasa ini mengadopsi beberapa pengaruh Prancis selama abad ke-20.

Sekilas, kamu akan mendengarnya seperti bahasa Inggris. Tapi ketahuilah, itu bahasa Bislama. Namun jangan coba-coba untuk berusaha berbicara dengan bahasa Bislama, kalau belum fasih. Bisa-bisa kamu makin dibuat bingung atau malah dibalas dengan bahasa Inggris. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.