Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Okt 2017 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ayah Ludahi Pengantin untuk Keberuntungan di Kenya

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Sepasang pengantin Kenya (Dok. Antony Trivet/Pinterest)
Sepasang pengantin Kenya (Dok. Antony Trivet/Pinterest)
Nairobi - Negara Kenya memiliki tradisi unik bahkan nyeleneh saat upacara pernikahan. Sang ayah akan meludahi pengantin untuk keberuntungan mereka. Lho?

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (19/10/2017), anak-anak Suku Maasai di Kenya tumbuh seperti biasa. Namun, dalam pernikahan para wanitanya diberikan kepada pria yang mereka tidak tahu siapa dan jauh lebih tua dari diri umur mereka sendiri.

Saat momen pernikahan tiba, pengantin akan mengemasi semua barangnya dan mengenakan perhiasan terbaik. Lalu, sang ayah mempelai wanita meludahi kepala dan payudara pengantin sebagai berkah.

Setelah itu pengantin wanita pergi bersama suaminya ke bahtera pernikahan. Hal ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menyedihkan bagi pengantin wanita, yang berusia 13-16 tahun.

Hal itu dikarenakan perjalanan jauh untuk sampai ke rumah barunya. Ritual meludahi itu dimaksudkan pula untuk menangkal nasib buruk yang terkadang wanita rasakan dari keluarga mempelai pria yang kadang akan menghina pengantin wanita.

Orang-rang yang berbahasa Swahili di Kenya itu juga akan memandikan pengantin wanita dengan minyak cendana dan melukis henna di tungkainya. Seorang tetua perempuan atau Somo, akan memberi instruksi kepada pengantin wanita tentang cara menyenangkan suaminya. Terkadang Somo akan bersembunyi di bawah tempat tidur kalau-kalau ada masalah.

Di daerah lain dan masih di Kenya, ada hal utama lain dalam pernikahan, yakni Kupamba yang berarti tampilan mempelai wanita. Hal itu sangat populer, karena pesta ini hanya untuk para wanita dan ketika mereka melepaskan cadar besar mereka akan terlihat gaya rambut dan pakaian yang rumit.

Dalam pesta bisa menjadi kompetisi, jika seorang wanita memiliki suami yang baik, dia akan mendapatkan perhiasan dan pakaiannya yang indah. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED