Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Okt 2017 23:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tradisi Pernikahan Tak Biasa di Malaysia: Tak Boleh Pipis 3 Hari

Bona
Redaksi Travel
Foto: (Top 5s Supreme/Youtube)
Foto: (Top 5s Supreme/Youtube)
Sabah - Tak banyak yang tahu kalau Pulau Tidong di Malaysia punya tradisi nikah yang unik. Pengantin akan dijaga ketat oleh keluarga supaya tidak pipis 3 hari.

Diintip detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (10/10/2017) Pulau Tidong atau Tidung yang berada di Sabah, Malaysia punya tradisi pernikahan unik, malahan terbilang ekstrem.

Biasanya sepasang pengantin akan menikmati masa bulan madu sehabis menikah. Tapi tidak dengan masyarakat Tidong. Mereka harus diam di dalam rumah selama 3 hari penuh.

Bukan hanya itu, pasangan baru ini bisa dibilang tak bisa menikmati masa-masa manis sehabis menikah. Mereka harus puasa makan dan minum selama 3 hari tersebut.

Cukup ekstrem? Belum. Para pasangan ini juga tak boleh pipis selama 3 hari sehabis menikah. Waduh!

Pasangan ini akan duduk di dalam rumah dan diawasi ketat oleh para keluarga. Keluarga akan mengelilingi pengantin baru dan terus menjaga mereka supaya pengantin baru tak mematahkan tradisi.

Ada alasan khusus mengapa tradisi ini masih terus dipegang sampai sekarang. Menurut kepercayaan, pasangan yang mampu melewati tradisi ini akan diberikan kebahagiaan dan melahirkan anak-anak yang sehat.

Lalu bagaimana dengan pengantin yang tak mengikuti tradisi ini dengan baik? Mereka percaya rumah tangga pengantin baru akanlah rusak atau mendapat kesialan.

Setelah 3 hari, pasangan ini barulah bisa menikmati suasana baru menikah pada pasangan umumnya. Untuk sampai di titik ini, butuh perjuangan keras. Jadi menurutmu, tradisi masyarakat Tidong ini unik atau... ekstrem?

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.