Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Jan 2018 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Kuburan di Paris yang Hanya Buka 2 Kali Setahun

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pemakaman Calvary di Paris yang hanya dibuka 2 kali setahun (Cimetiere du Calvaire)
Paris - Sejatinya pemakaman adalah tempat peristirahatan akhir yang boleh dikunjungi kapan saja. Namun, lain halnya pemakaman di Paris ini yang buka 2 kali setahun.

Adalah Pemakaman Calvary atau yang disebut Cimetiere du Calvaire dalam bahasa Prancis, sebuah pemakaman tertua sekaligus yang terkecil di Paris.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Paris, Rabu (3/1/2018), pemakaman itu pun hanya dibuka setiap dua kali setahun. Tidak sembarang orang bisa masuk atau dimakamkan di sana.

Berlokasi persis di Distrik Montemartre, traveler hanya bisa masuk ke pemakaman ini setiap 1 November pada All Saint's Day dan Heritage Days setiap minggu ketiga bulan September.

Kisah Kuburan di Paris yang Hanya Buka 2 Kali SetahunPemakaman ini adalah yang tertua dan terkecil di Bali (Cimetiere du Calvaire)

Sejarahnya, pemakaman tersebut pertama kali dibuka tahun 1688 di tanah Montmartre Abbey yang dikhususkan sebagai pemakaman anggota religi setempat.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pemakaman tersebut juga menjadi peristirahatan terakhir bagi tentara yang gugur pada Battle of Paris di tahun 1814. Adapun mayoritas penghuni makam merupakan anggota dari keluarga Montemartre.

Total, ada sekitar 85 makam di sana. Sejumlah nama seperti Walikota pertama Montemartre, Felix Desportes dan petualang Louis Antoine de Bougainville juga dimakamkan di sana.

Kisah Kuburan di Paris yang Hanya Buka 2 Kali SetahunPintu pemakaman ini dibuat oleh pemahat terkenal Italia (Cimetiere du Calvaire)

Hanya perlu diketahui, tidak sembarang orang bisa dimakamkan di sana. Hanya keturunan dari Keluarga Montemartre atau kerabat dari penghuni makam saja yang boleh dikuburkan di sana. Jadi tidak sembarangan orang.

Fakta menarik lain tentang Pemakaman Calvary juga dapat ditemui pada pintu gerbang makamnya yang terbuat dari perunggu. Pintu itu dibuat oleh pemahat Italia Tommaso Gismondi. Di mana karyanya juga dapat ditemi di Vatikan. Inilah sisi lain Paris yang jarang orang tahu. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA