Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Mar 2018 22:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet Lain

Cape Verde di Pulau Vogo (CNN Travel)
George Town - Tahukah kamu, beberapa tempat di Bumi dinilai oleh para ilmuwan ternyata mirip di planet lain. Apa saja?

Melansir CNN Travel, (6/3/2018), para ilmuwan telah mengintai berbagai lokasi di Bumi untuk menguji teknologi baru untuk misi ke bulan, Mars dan lainnya. Tempat-tempat ini bisa dikunjungi siapapun, karena merupakan tempat di mana ilmu antariksa sedang dilakukan di Bumi.

1. Neraka, Grand Cayman

Bebatuan hitam yang licin menutupi area sekitar setengah lapangan sepak bola di West Bay Grand Cayman, Karibia. Wilayah yang terletak di Grand Cayman ini disebut dengan nama Neraka (Hell).

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet LainLanskap yang unik (CNN Travel)


Seperti tak ada kehidupan karena hanya bebatuan, inilah hasil dari interaksi yang tidak biasa antara batuan kapur dan sejenis alga. Hasilnya disebut 'phytokarst' atau lapisan kasar berenda pada batuan kapur.

2. Gurun Namib, Namibia

Padang pasir di Namibia yang luas terlihat sangat mirip Mars. NASA benar-benar mengirimkan ilmuwan ke sana untuk mempelajarinya.

Pada tahun 2010, para periset pergi ke padang gurun itu untuk mencari kehidupan mikroskopis yang dapat bertahan hidup di bawah batu. Pada jenis bebatuan kuarsa tertentu yang disebut hypoliths dapat menahan uap air dari kabut dan bisa tembus cahaya sehingga memungkinkan beberapa cahaya melewatinya.

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet LainGurun Namib (CNN Travel)


Ilmuwan menganggap organisme ini bisa memberikan petunjuk hidup di tempat yang ekstrem seperti Mars. Bagi wisatawan dapat mendaki bukit pasir yang sangat tinggi dengan lanskap merah dan oranye yang tak ada habisnya.

3. Danau Pink, Senegal

Bukit pasir memisahkan Danau Retba dari Atlantik. Namun, air yang ada di dalamnya lebih asin dari pada lautan.

Air yang lebih asin dari Laut Mati ini di iklim tropis Senegal membuat danau ini menjadi rumah bagi alga mikro. Mereka mengubah air menjadi warna jus stroberi.

4. Pulau Fogo, Cape Verde

Pulau Fogo terdiri dari satu gunung berapi berwarna hitam. Di dalam kawah utamanya ada serangkaian tujuh kawah yang lebih kecil, masing-masing letusannya berbeda-beda menurut catatan sejarah.

Para ilmuwan meyakini adanya ledakan dahsyat 73.000 tahun yang lalu dan menyebabkan longsornya salah satu sisi pulau dan menyebabkan tsunami setinggi 800 kaki yang melanda pulau-pulau tetangganya. Meski masih aktif (dan terakhir meletus pada 2014), pulau ini merupakan rumah bagi 40.000 orang.

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet LainSeperti di planet lain saja (CNN Travel)


Mereka bertani di lokasi yang terlihat seperti pemukiman manusia di bulan. Ada kebun anggur yang sangat enak, ada perkebunan kopi di sisi lain gunung itu, dan pantainya berpasir hitam yang langsung berbatasan dengan Samudra Atlantik.

5. Taman Nasional Canaima, Venezuela

Pegunungan yang membentuk jurang terjal begitu tinggi dengan sungai-sungai yang mengalir seperti tumpah ke awan di bawahnya.

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet LainFoto: (CNN Travel)


Dalam bahasa lokal, pegunungan ini disebut tepuis atau 'rumah para dewa'. Selama berabad-abad orang yang tinggal di sana menolak untuk mengukur puncaknya karena takut akan dewa dan makhluk aneh yang dipercaya tinggal di pegunungan itu.

Yang paling mencolok adalah tanaman yang terputus dari dunia dan tidak berevolusi. Ada tanaman berbentuk seperti kendi raksasa dan anggrek yang dipercaya bertahan dari masa prasejarah.

Angel Falls di Taman Nasional Canaima merupakan air terjun tertinggi di dunia yang mengalir dari tebing. Air terjun ini mengilhami setting film Pixar, 'Up'.

BACA JUGA: Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Mars

6. Pulau Devon, Kanada

Ada alasan kenapa Pulau Devon adalah pulau tak berpenghuni terbesar di dunia. Hal itu dikarenakan kondisi suhu kutub yang ekstrem, medan tandus, dan pergantian panjang antara siang dan malam di Arktik.

Bahkan, Suku Inuit yang mencoba dan gagal saat akan menetap di sini. Di pulau ini ada kawah setinggi 14 mil atau 3,5 km.

Temperatur di pulau ini sangat dingin sehingga kawahnya hampir tidak berubah dalam 39 juta tahun sejak terbentuk pertama kali. Saat berada di dalam kawah, bahkan komunikasi yang sangat modern pun menjadi akan sulit digunakan.

Itulah sebabnya para ilmuwan menyebutnya 'Mars on Earth'. Di sini, NASA mempelajari kehidupan dan akan seperti apa jika manusia berhasil sampai ke Mars.

Pulau Devon merupakan tempat uji coba off-road kendaraan bulan dan Mars. Bagi wisatawan memang dapat mencoba melakukan perjalanan di sini atau menggunakan kapal pesiar untuk mengelilingi pulau.

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet LainSeperti di Planet Mars? (CNN Travel)


7. Charamel, Mauritius

Mauritius terkenal dengan pantai berpasir putihnya. Namun di sudut barat daya pulau ini ada hamparan pasir bergaris tujuh warna.

Hingga kini, pasir itu tetap menjadi misteri ilmiah. Mereka terbentuk dari batuan vulkanik yang dari waktu ke waktu terurai dan tercampur dengan bahan lainnya, membuat pasir berwarna merah, coklat, violet, hijau, biru, ungu dan kuning.

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet Lain(CNN Travel)


Misterius, bahkan di tengah hujan tropis yang lebat warnanya selalu terpisah kembali menjadi garis-garis. Sebuah toko suvenir menjual botol pasir yang bisa digoyang-goyang dan pasirnya akan mengendap kembali ke garis-garis itu sendiri.

BACA JUGA: 'Tanah Alien', Tempat Terpanas & Berbahaya di Bumi

8. Danau Baikal, Siberia

Jauh di pedalaman Siberia ada Danau Baikal yang wilayahnya lebih luas dari Belgia. Air danau ini lebih banyak daripada Great Lakes Amerika.

Karena sangat terpencil, banyak tumbuhan dan hewannya yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia ini. Inilah tempat para ilmuwan mempelajari evolusi.

Danau Baikal akan beku setidaknya selama empat bulan dalam setahun. Air danaunya pun sangat bersih sehingga membentuk es berwarna kebiruan.

9. Gurun Atacama, Chile

Salah satu tempat terkering di bumi, Atacama. Berlanskap seperti bulan yang ditandai oleh arus aliran lava tua, danau garam, dan pegunungan yang terjal.

Dengan curah hujan setahun hanya 15 milimeter, padang pasirnya tak menampakkan tanda-tanda kehidupan. Tapi saat hujan datang, seperti yang terjadi pada bulan Oktober 2015, bibit tumbuhan yang tidak aktif dan terbaring di tanah selama bertahun-tahun pun meledak.

Tempat-tempat di Bumi yang Kata Ilmuwan Mirip di Planet LainGurun Atacama (CNN Travel)


Seperti karpet, gurun itu meledak dalam warna pink, ungu, jeruk dan kuning. Warnanya begitu jelas dan pemandangan baru yang subur terlihat seperti ada di dunia lain. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA