Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Mar 2018 18:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Kota Ittoqqoortoormiit di Greenland (oia9/Instagram)
Kota Ittoqqoortoormiit di Greenland (oia9/Instagram)

FOKUS BERITA

Tempat Terjauh di Bumi
Ittoqqoortoormiit - Greenland jadi destinasi eksotis untuk dikunjungi di penjuru bumi. Di sana, bahkan ada kota yang lautnya membeku selama 9 bulan. Ittoqqoortoormiit namanya.

Kota Ittoqqoortoormiit jadi salah satu tempat terjauh di bumi, bahkan paling terisolasi di Greenland. Kota ini terletak di bagian utara Greenland, dan berbatasan langsung dengan Northeast Greenland National Park, taman nasional terbesar di sana.


Tak hanya terpencil, kota ini juga sangat dingin. Saat musim dingin, lautnya membeku sampai 9 bulan lamanya. Kapal pun tidak bisa lewat karena terhalang lapisan es yang sangat tebal. Hanya kapal pemecah es yang bisa lewat.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (19/3/2018), musim dingin di Ittoqqoortoormiit memang berlangsung sangat lama, bisa berbulan-bulan. Tapi warga yang tinggal di sana sepertinya sudah terbiasa menghadapi musim dingin panjang seperti itu.

Laut di Ittoqqoortoormiit beku selama 9 bulan (visitgreenland.com)Laut di Ittoqqoortoormiit beku selama 9 bulan (visitgreenland.com)
Mayoritas penduduk yang tinggal di Ittoqqoortoormiit adalah Suku Inuit. Ada kurang lebih 452 orang penduduk yang tinggal di sini. Mereka tinggal di rumah-rumah kayu dengan dinding bercat warna-warni yang menarik.

Jika sedang bersalju, maka rumah-rumah ini terlihat makin berwarna dengan latar belakang putih di belakangnya. Tentunya jadi objek foto yang menarik.

Rumah-rumah unik di Ittoqqoortoormiit (viajarvede/Instagram)Rumah-rumah unik di Ittoqqoortoormiit (viajarvede/Instagram)
Kebanyakan penduduk Ittoqqoortoormiit berprofesi sebagai pemburu dan juga nelayan. Mereka berburu dan memancing untuk bertahan hidup. Ada juga peneliti yang tinggal di kota ini. Mereka mencoba untuk meneliti perubahan iklim.

Hanya ada 1 penginapan di kota, dan 1 bar yang buka sehari dalam seminggu. Ada juga 1 supermarket, dan beberapa toko kecil dan juga 1 buah kantor pos.

Aktivitas wisata yang paling sering dilakukan di sini tentu saja melihat pemandangan fenomena langit Aurora Borealis dan hewan-hewan liar yang masih ada di sana. Safari melihat beruang kutub, anjing laut, sampai paus narwhal bisa dilakukan di sini.

Traveler pecinta petualangan bisa juga menjajal hidup seperti orang lokal. Naik kereta salju yang ditarik anjing Husky, atau pergi hiking dan memancing di danau es. Pasti seru!

Memancing seperti orang lokal (Izabella Rusnak/Instagram)Memancing seperti orang lokal (Izabella Rusnak/Instagram) Foto: POOL/Instagram


Cara ke sini:

Traveler bisa menggunakan jalur udara. Hanya ada 2 penerbangan dalam seminggu ke kota ini di hari Rabu. Pesawat akan mendarat di Constable Point Airport.

Dari 2 penerbangan itu, satu penerbangan dari Kota Akurekyi di Islandia dengan maskapai Norlandair, satu lagi dari Kota Kangerlussuaq di Greenland Barat dengan maskapai Air Greenland.

Traveler bisa juga lewat jalur laut dengan naik kapal. Kapal ini akan mendarat di Pelabuhan Milne Land. Tapi dengan catatan, naik kapal ke sini hanya bisa di bulan Juli dan Agustus, saat laut sudah mencair. (bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Tempat Terjauh di Bumi
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!