Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Apr 2018 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota Ini Punya Lebih dari 100 Nama

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Kota Leeuwarden di Belanda yang punya lebih dari 100 nama (Mike MacEacheran/BBC)
Kota Leeuwarden di Belanda yang punya lebih dari 100 nama (Mike MacEacheran/BBC)
Leeuwarden - Umumnya sebuah kota hanya memiliki 1 nama saja, tapi lain halnya dengan Leeuwarden di Belanda. Ternyata, kota ini punya lebih dari 100 nama.

Berjarak sekitar 46 menit perjalanan darat via mobil dari Groningen, traveler dapat menjumpai Leeuwarden di Provinsi Friesland yang disebut sebagai kotanya bahasa.

Dilansir detikTravel dari BBC Travel, Jumat (27/4/2018) Leeuwarden bahkan dijuluki sebagai kota dengan lebih dari 100 nama. Ljouwert, Liwwadden, Leewadden, Luwt, Leaward dan Leoardia, beberapa nama yang pernah disematkan pada Leeuwarden antara abad ke-11 dan 19.

Leeuwarden punya lebih dari 100 nama Leeuwarden punya lebih dari 100 nama (Mike MacEacheran/BBC)
Pihak Guinnes World Records mencatat, Leeuwarden memiliki sekitar 225 variasi nama. Jumlah nama julukan yang tentunya tidak sedikit.

Usut punya usut, julukan nama Leeuwarden yang banyak itu berawal dari sejarahnya yang panjang. Dahulu di abad ke-19, Leeuwarden disinggahi oleh banyak orang dari berbagai suku bangsa dan bahasa berbeda.

Perbedaan suku bangsa dan bahasa pun membuat para pendatang memiliki nama masing-masing untuk Leeuwarden. Sebutan Leeuwarden untuk pendatang dari Prancis misalnya, tentu berbeda dengan pendatang Inggris dan lainnya.

Secara resmi, negara Belanda menyebut Leeuwarden demikian. Namun bagi orang Frisian (julukan bagi masyarakat asli yang tinggal di provinsi Friesland - red), Leeuwarden disebut sebagai Ljouwerd.

Penamaan yang ada berasal dari abad ke-19 Penamaan yang ada berasal dari abad ke-19 (Mike MacEacheran/BBC)
Sedangkan menurut dialek lokal, Leeuwarden disebut sebagai Leewwadden dan Liwwadden. Provinsi lain malah menyebut Leeuwarden dengan Luwt. Lain lagi dengan para peneliti yang menyebutnya sebagai Leovardia dalam dialek latin.

"Sebelum tahun 1804, tidak ada nama resmi untuk Leeuwarden. Semuanya sedikit banyak menulis dengan sebutan sesuai dialek yang merek ucapkan," ujar sejarawan dari Pusat Sejarah Leeuwarden, Henk Oly.

Sejarah juga mencatat, penamaan Leeuwarden yang mencapai 225 buah itu pertama kali diketahui lewat catatan Wopke Eekhoff. Wopke sendiri merupakan anak dari pengrajin perak yang ditugaskan untuk mencari seluruh sejarah tentang Leeuwarden di abad ke-19.

Hasilnya adalah sebuah buka dengan 400 halaman berisi sejarah Leeuwarden. Termasuk di dalamnya sejarah penamaan kota Leeuwarden dari nama Livnvert di tahun 1039 hingga Luweden di tahun 1846.

Adapun penamaan resmi Leeuwarden baru ditetapkan oleh Akademi Science Kerajaan Belanda dan Yayasan Geografi Kerajaan Belanda di tahun 1884.

Aneka bahasa dunia di Lan fan taalAneka bahasa dunia di Lan fan taal (Mike MacEacheran/BBC)
Secara simbol Leeuwarden dilambangkan dengan singa emas dengan lambang biru kerajaan, sesuai dengan lambang kotanya. Namun, Leeuw tidak memiliki arti singa seperti lambangnya.

"Banyak orang berpikir kalau 'Leeu' merupakan singa dan Leeuwarden merupakan kota singa karena lambangnya. Itu tidak benar. Awalnya berasal dari kata 'Leeuw' yang berarti tidak ada angin dan 'warden' yang berarti bukit kecil dalam dialek Frisian," ujar pemandu wisata lokal, Christina Volker.

Fakta menarik lainnya, Leeuwarden dihuni oleh orang dari 128 kewarganegaraan berbeda. Keunikan itu pun bisa dilihat di Lan fan taal, sebuah bangunan di Leeuwarden yang khusus didedikasikan untuk ribuan bahasa di dunia.

Di dalamnya traveler bisa melihat dan mencari tahu perihal 6.072 bahasa dunia termasuk bahasa lokal Provinsi Frisian. Selain itu juga dapat dijumpai berbagai bangunan bersejarah seperti Menara De Oldehove, Museum Keramik dan Kantor Balaikota setempat atau Gemeentehuis. (sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED