Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Mei 2018 18:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bertualang ke Xinjiang, Kenapa Tidak?

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Suasana warga Xinjiang sedang berkumpul di Urumqi (Fitraya/detikTravel)
Suasana warga Xinjiang sedang berkumpul di Urumqi (Fitraya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Urumqi - Xinjiang di China adalah destinasi untuk para petualang sejati. Eksotisme Jalur Sutra selalu memikat para traveler.

Daerah Otonomi Xinjiang Uighur, begitu nama lengkapnya. Ini adalah provinsi terluas di China, 1,6 juta km2. Provinsi ini berbatasan dengan Mongolia, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Pakistan, India dan Afghanistan.

Xinjiang utara yang relatif maju disebut daerah Dzungarian dan daerah selatan yang merupakan pedalaman disebut daerah Tarim. Ibukota Xinjiang yaitu Urumqi ada di utara.

detikTravel bertualang ke Xinjiang, Jumat (4/5/2018) bersama State Council Information Office China dan Information Office Xinjiang Uygur Autonomous Region. Bagaimana cara pergi ke sana?

Suasana Kota Urumqi (Fitraya/detikTravel)Suasana Kota Urumqi (Fitraya/detikTravel)
Dari Jakarta, kamu harus terbang ke Urumqi Diwopu International Airport, tapi semuanya minimal transit sekali. Kamu bisa coba Air China transit ganti pesawat di Beijing. Bisa juga coba China Southern Airlines transit ganti pesawat di Guangzhou atau Shenzhen. Sebenarnya Garuda Indonesia juga terbang ke Guangzhou, tapi mungkin nanti ribet ganti maskapai untuk urusan koper.

Nah, jam terbangnya nih lama banget. Kamu akan terbang dari ujung ke ujung China. Totalnya antara 11-15 jam bergantung jadwal pesawat. Sudah macam terbang ke Eropa saja ini.

Bertualang ke Xinjiang adalah menikmati eksotisme Jalur Sutra yang berumur ribuan tahun di kaki Gunung Tianshan yang tertutup salju abadi. Komposisi etnis di Xinjiang sangat menarik. Dari 23,6 juta orang pada sensus 2015, 46% adalah etnis Uyghur, 40 persen adalah etnis Han. Kemudian ada yang lebih minoritas lagi yaitu etnis Kazakhs 6,5%, etnis Hui 4,5% dan etnis lain-lain 3 persen.

Jangan heran melihat wajah-wajah gadis cantik Eurasia, campuran Eropa dan Asia, ketika jalan-jalan di Xinjiang. Awas naksir ya!

Gadis Uyghur yang bikin hati meleleh (Fitraya/detikTravel)Gadis Uyghur yang bikin hati meleleh (Fitraya/detikTravel)
Kota utama buat kamu menginap adalah Urumqi. Dari bandara bisa naik taksi argo, tutup pintunya 10 Yuan (jangan taksi gelap ya). Bisa juga naik bus No 52 dari bandara. Hotel banyak tersedia dari bujet sampai bintang 5, sesuaikan dengan ongkos liburan.

Traveler mungkin pernah mendengar ada kerusuhan etnis di Xinjiang, nah itu tahun 2009 silam. Jangan heran kalau melihat banyak polisi ya. Hati-hati juga dengan copet saat berada di tempat ramai.

Destinasi di Urumqi ada Xinjiang Uygur Regional Museum, masuknya gratis. Kamu bisa tahu cerita Jalan Sutra di sini. Kemudian ada Grand Bazaar, tempat belanja khas Asia Tengah dengan banyak pusat belanja di kanan kiri. Ada juga People's Park untuk dinikmati pagi atau sore hari karena bisa lihat aktivitas warga lokal. Untuk wisata alam ada Heavenly Lake di pegunungan.

Jangan bingung soal makanan halal karena etnis Uyghur, Kazakhs dan Hui adalah muslim. Makanan yang mesti dicoba di Xinjiang adalah Pilaf. Nasi goreng khas Asia Tengah dengan potongan daging besar-besar dan sayur mayur. Ada juga roti Naan seperti di India.

Senampan Pilaf yang lezat (Fitraya/detikTravel)Senampan Pilaf yang lezat (Fitraya/detikTravel)
Kota kedua yang bisa dijelajahi di Xinjiang adalah Korla di Selatan, yang masuk kawasan Bayin'gholin Mongol Autonomous Prefecture. Kamu bisa terbang 1 jam dari Urumqi pakai China Southern Airlines. Dari namanya saja kamu bisa membayangkan suasana padang rumput ala-ala Mongolia.

Di sini kamu bisa coba tour perahu melintasi kota, bisa juga menonton budaya Mongolia di Huixiang Cultural Tourism Park. Di Korla juga ada Bazhou Museum dan untuk wisata alam ada banyak seperti Danau Bosten, Padang Rumput Bayanbulak dan Gurun Takla Makan.

Seperti apa eksotisme Xinjiang? Tunggu cerita detikTravel selanjutnya ya!

(rdy/rdy)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA