Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Jul 2018 08:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kastil 7 Gerbang Jepang Ini Mirip Forbidden City

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Kastil Shurijo (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Foto: Kastil Shurijo (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Naha - Jepang punya warisan budaya yang menawan. Namun ada kastil di negara itu yang kental dipengaruhi oleh budaya China bahkan mirip Forbidden City.

detikTravel mengunjunginya bersama Jetstar dan Okinawa Convention & Visitors Bureau (OCVB) Jepang, Jumat (29/6/2016) lalu. Inilah Kastil Shurijo.

Kastil Shurijo dibangun oleh Kerajaan Ryukyu. Dari segi bangunan, kastil ini amat dipengaruhi oleh budaya China dan juga Jepang sendiri.

Pengaruh budaya China dapat dilihat dari bentuknya yang menyerupai Forbidden City dengan hiasan naga di ujung-ujung atap. Namun, yang menjadi khas Jepang dengan adanya patung singa khasnya, bernama Shisa.

Kastil Shurijo dibangun sekitar abad ke-14. Namun kastil ini hancur di tahun 1945 akibat Perang Okinawa dan dibangun kembali sesuai aslinya di tahun 1992.
Gerbang kedua Kastil Shurijo (Masaul/detikTravel)Foto: Gerbang Kastil Shurijo (Masaul/detikTravel)


Tonton juga video: 'Datang ke Kota Terlarang'

[Gambas:Video 20detik]


Untuk memasuki Kastil Shurijo, kita akan memasuki 6 gerbang berbeda, sebenarnya ada 7 gerbang namun yang pertama belum dibangun. Gerbang pertama bernama Shureimon yang juga dijadikan gambar mata uang Jepang.

Gerbang kedua sampai keenam, yakni Kankaimon, Zuizenmon, Roukokumon, Koufukumon, dan Houshinmon. Di dekat Gerbang Zuizenmon ada mata air yang biasa diminum oleh para bangsawan Ryukyu.

Letak Kastil Shurijo yang berada di atas bukit membuat kita bisa melihat Kota Naha dari ketinggian. Kastil ini sendiri didominasi dengan warna merah tua.

Kastil 7 Gerbang Jepang Ini Mirip Forbidden CityFoto: Mata air di komplek Kastil Shurijo (Masaul/detikTravel)


Di antara gerbang keempat dan lima ada replika jam matahari kuno. Ada pula gong kuno yang sangat kental bentuknya berasal dari China.

Memasuki kawasan utama Kastil Shurijo, kita akan melihat bangunan merah yang megah. Kastil Shurijo saat ini memang masih dalam pemeliharaan, namun para pengunjung tetap bisa masuk ke dalam.

Terletak di samping komplek Kastil Shurijo ada rumah tradisional Jepang yang lengkap dengan bilik-biliknya. Di akhir tur akan menemui ruang Raja Ryukyu duduk.

Harga masuk Kastil Shurijo berbeda-beda mulai dari umur dan jumlah. Jika perorangan dewasa 820 Yen (Rp 106 ribu), murid SMA 620 Yen, dan setara SD 310 Yen. Untuk kelompok per grup (minimal 20 orang) dewasa 660 Yen (Rp 85 ribu), SMA 490 Yen, dan setara SD 250 Yen serta gratis bagi anak di bawah 6 tahun.


Kastil 7 Gerbang Jepang Ini Mirip Forbidden City
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED