Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Jul 2018 16:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tabir Surya Gadis Rohingya

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Reuters/Clodagh Kilcoyne)
Foto: (Reuters/Clodagh Kilcoyne)
Cox's Bazar - Walau sedang berada di pengungsian, tidak menghambat para gadis Rohingya untuk merawat kulit. Mereka punya tabir surya tradisional lho. Seperti apa ya?

Peristiwa yang menimpa kaum Rohingya masih menjadi sorotan dunia. Mereka yang mengungsi untuk menyelamatkan diri ke wilayah-wilayah perbatasan sampai ke negara tetangga untuk perlindungan. Kondisi ini tentu memaksa mereka untuk tinggal di pengungsian yang seadanya saja. Salah satunya berada di Cox's Bazar, Bangladesh.

 (Reuters/Clodagh Kilcoyne) (Reuters/Clodagh Kilcoyne)

Tidak hanya kelaparan dan penyakit saja yang menjadi perhatian warga Rohingya. Khususnya para perempuan juga cemas dengan kulit mereka yang harus menghadapi wilayah lembab, panas dan cuaca yang berubah-ubah.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Senin (16/7/2018) para perempuan Rohingya mempunyai ramuan tradisional untuk merawat kulit mereka. Namanya Thanaka, pasta tradisional dengan beragam fungsi yang telah di beratus tahun.

(Reuters/Clodagh Kilcoyne)(Reuters/Clodagh Kilcoyne)


Thanaka berbentuk pasta berwarna putih kekuningan yang terbuat dari kulit pohon. Para wanita Rohingya mengolahnya secara tradisional untuk mereka pakai di keseharian.

Mereka menggunakan batu dan menggiling kulit kayu Thanaka hingga menjadi pasta kuning susu. Setelah itu barulah mereka oleskan ke wajah.

Beragam fungsi dari pasta tradisional ini. Mulai dari pelembab kulit, tabir surya, pendingin, mencerahkan wajah, menghaluskan kulit sampai pengusir serangga.

Semua kalangan memakai Thanakan, mulai dari anak kecil sampai wanita dewasa. Dengan memakai Thanakan inilah cara perempuan Rohingya menghibur diri dari kesulitan yang sedang mereka alami.


(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED