Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Jul 2018 21:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Liburan di Spanyol, Awas Copet!

Dhani Irawan
detikTravel
Foto: Dhani Irawan
Foto: Dhani Irawan
Madrid - Saat liburan kadang ada hal-hal yang bikin pusing tujuh keliling, misalnya saja kecopetan. Untuk traveler yang liburan di Spanyol hati-hati!

Pengalaman hampir kecopetan terjadi saat detikTravel bersama rombongan jurnalis lain mendapat undangan ke Madrid, Spanyol, pada pekan ini. Salah seorang jurnalis bernama Fadhil hampir kehilangan dompetnya.

Awalnya rombongan jurnalis itu tengah menuju ke sekitar Puerta del Sol yang memang menjadi salah satu pusat turis di Madrid. Kami berjalan kaki dari hotel tempat kami menginap di Westin Palace yang jaraknya kurang lebih 500 meter.

Trotoar menuju ke Puerta del Sol memang agak sempit, hanya cukup untuk 2 orang bersisian. Terlebih, ada perbaikan jalan yang membuat pedestrian agak mepet saat berpapasan.

Nah, tampaknya kondisi itu dimanfaatkan seorang pencopet. Dia tampak mengikuti Fadhil dan mencari kesempatan untuk merogoh kantong belakangnya. Di situlah Fadhil menyimpan dompetnya.

Baca Juga: Jangan Jadi Incaran Copet, Ini Cara Jaga Barang Tetap Aman

"Langsung gue kempit (menjepit di antara lengan dan badan). Dia bilang 'sorry, sorry'," kata Fadhil.

Fadhil memilih melepaskan si pencopet itu yang langsung berjalan agak cepat mendahului pejalan kaki lain. Setelahnya Fadhil memindahkan dompetnya di tas pinggang yang dipakainya.

Tak mengherankan memang bila para turis diminta waspada bila berwisata ke Spanyol. Pernah ada survei di tahun 2015 terhadap 2 ribu wisatawan asal Inggris yang kerap keliling Eropa.

Survei yang dilakukan situs finance asal Inggris, money.co.uk, merilis 10 negara Eropa yang rawan kejahatan terhadap turis, termasuk, pencopetan, pemerassan, serta ongkos taksi yang harganya dinaikan berkali-kali lipat. Hasilnya Spanyol menempati urutan pertama dengan 21,5 persen.


Tonton juga video: 'Jalan-jalan di Kawasan Centro Rio, Hati-hati Copet!'

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA