Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Sep 2018 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Fenomena Lubang Misterius Sukabumi Juga Ada di Negara Lain

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Sinkhole di Texas, Amerika Serika (Texas Parks & Wildlife)
Sukabumi - Publik tengah dihebohkan oleh lubang misterius di pesawahan Sukabumi. Ternyata, fenomena alam itu juga dapat dijumpai di sejumlah negara lain.

Diketahui, lubang misterius itu pertama kali muncul sejak Kamis kemarin (6/8). Diameternya 6 meter dengan kedalaman sekitar 6 meter.

Fenomena Lubang Misterius Sukabumi Juga Ada di Negara LainLubang misterius di Sukabumi (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Dugaan yang beredar, di dalam lubang itu terdapat hamparan gua yang mengakibatkan permukaan tanah amblas ke dalam. Selain di Sukabumi, fenomena serupa juga terjadi di daerah Gunungkidul pada awal Februari tahun ini.

Menurut Dosen Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta, Arif Rianto Budi Nugroho, saat dihubungi detik.com beberapa waktu lalu, fenomena tersebut umum dijumpai di kawasan Karst.

Di luar negeri, fenomena itu sendiri dikenal sebagai sinkhole atau lubang jatuh. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (7/8/2018), beberapa yang cukup populer antara lain:

1. The Devil's Sinkhole, Texas, Amerika Serikat
(Texas parks & Wildlife)(Texas parks & Wildlife)
Berlokasi di negara bagian Texas, Amerika Serikat, traveler dapat menjumpai The Devil's Sinkhole yang populer di kalangan wisatawan. Tak mengapa, lubang ini menjadi landmark sekaligus objek wisata.

Memiliki diameter 15 meter dan kedalaman 42 meter, lubang ini juga menjadi kediaman dari sekitar 3 juta kelelawar. Menanti jutaan kelelawar terbang dari lubang ini jadi salah satu yang dinanti.

Traveler yang penasaran dengan kedalaman lubang ini pun bisa mengintipnya dari platform yang dibangun di sekitarnya. Namun, traveler tetap tak diperbolehkan untuk turun ke dalamnya.

2. Xiaozhai Tiankeng, China
(Facebook)(Facebook)
Bergeser ke Chongqing di China, dapat ditemui Xiaozhai Tiankeng atau yang dikenal sebagai sinkhole terdalam di dunia. Tak tanggung-tanggung, kedalamannya mencapai 626 meter!

Bukan hanya dalam, sinkhole ini juga memiliki lebar hingga 537 meter. Saking dalam dan besarnya, salah satu sisinya juga berfungsi sebagai air terjun di musim penghujan.

Traveler yang datang berkunjung pun dapat mengagumi keindahannya lewat 2.800 anak tangga yang dibangun oleh pemerintah setempat.

3. Harwood Hole, Selandia Baru
(Paul Rowe/Departmem t of Conservation Te Papa Ataubai)(Paul Rowe/Departmem t of Conservation Te Papa Ataubai)
Sinkhole juga dapat dijumpai di Selandia Baru. Salah satu yang paling populer adalah Harwoods Hole di Taman Nasional Abel Tasman.

Harwood Hole memiliki kedalaman hingga 357 meter. Oleh sebab itu, sinkhole ini cukup populer di kalangan traveler pecinta olahraga vertikal caving.

4. Sima de las Cotorras, Meksiko
(Ecoturismo Sima de las Cotorras/Facebook)(Ecoturismo Sima de las Cotorras/Facebook)
Kemudian ada Sima de las Cotorras di sisi Barat Chiapas, Meksiko. Seperti di Harwood Hole, sinkhole ini juga dijadikan objek wisata oleh pemerintah setempat.

Selain bisa mengagumi keindahan Sima de las Cotorras, traveler juga bisa mencoba turun ke dasar hingga mengamati serombongan burung kakatua hijau yang merupakan endemik setempat.

Jadi traveler tak usah panik ketika melihat lubang misterius yang tiba-tiba muncul. Malah punya potensi untuk jadi objek wisata.




Tonton juga 'Lubang Misterius Muncul di Jalanan Jepang':

[Gambas:Video 20detik]

(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA