Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Okt 2018 16:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Main Bareng Dingo? Ini Tempatnya di Australia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Dingo di Ballarat Wildlife Park (Randy/detikTravel)
Dingo di Ballarat Wildlife Park (Randy/detikTravel)
Ballarat - Tengah viral foto anjing penjaga Puncak Carstensz yang ditengarai mirip dingo dari Benua Australia. Kalau mampir ke Negeri Kanguru, kamu bisa main bareng dingo.

Sebelum viral foto dingo di Puncak Carstensz, dunia telah lebih dulu mengenali dingo (Canis dingo) sebagai anjing khas Benua Australia.
Menurut tulisan Bradley Smith dalam buku The Dingo Debate: Origins, Behaviour and Conservation, keberadaan dingo yang hidup bersama suku aborigin telah diketahui sejak abad ke-17.

BACA JUGA: Dingo, Anjing Misterius di Papua Penjaga Puncak Tertinggi Indonesia

Kini, keberadaan dingo telah menghiasi sejumlah taman konservasi hingga kebun binatang di Australia. Salah satunya berlokasi di Ballarat Wildlife Park di negara bagian Victoria, di mana detikTravel pernah berkunjung beberapa waktu lalu.

Berada di Ballarat yang dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Melbourne, traveler bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan sejumlah fauna endemik Australia seperti dingo hingga kanguru.

Petugas yang membukakan kandang dingo Petugas yang membukakan kandang dingo Foto: Johanes Randy
Berawal dari keinginan untuk mendekatkan binatang degan manusia, sang pemilik Greg Parker membuat Ballarat Wildlife Park yang berfungsi sebagai tempat konservasi.

Mengusung semangat tersebut, jangan bayangkan Ballarat Wildlife Park sebagai kebun binatang yang didominasi oleh kandang dan sekat pembatas. Di sini, sejumlah binatang dibiarkan bebas berkeliaran layaknya di alam liar.

Oleh sebab itu, jangan kaget apabila melihat kanguru berjalan bebas tanpa pagar. Selain bisa lebih dekat, pengunjung juga diperbolehkan memegang hingga memberi makan kanguru dari dekat.

Hanya untuk dingo, traveler tidak akan melihatnya berkeliaran melainkan di dalam area yang diberi pagar. Beruntung, detikTravel diperbolehkan untuk masuk ke dalam dan berinteraksi langsung dengan dingo.

Pengunjung boleh bermain bareng dingoPengunjung boleh bermain bareng dingo (Randy/detikTravel)
Sekilas, ada rasa waswas ketika harus berhadapan dengan dingo. Secara, dingo masih satu keluarga dengan anjing. Hanya, kesan itu sirna ketika sejumlah dingo manghampiri dan mengajak saya bermain dengan manja.

Layaknya anjing peliharaan, para dingo mengendus-endus aroma tubuh saya sebagai proses perkenalan. Tak berapa lama, saya sudah bisa mengelus dan membelai para dingo.

Bukannya takut, para dingo malah menghampiri lebih dekat dan menjilati wajah saya. Suatu bentuk keramahan dari para dingo.

Apabila tengah bermain ke Australia dan ingin mampir, Ballarat Wildlife Park buka dari pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya adalah 35 AUD (Rp 379 ribu) untuk orang dewasa dan 19,50 AUD (Rp 211 ribu) untuk anak-anak. (sna/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED