Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Okt 2018 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Situs Budaya UNESCO di Dunia yang Harus Kamu Kunjungi

Syanti Mustika
detikTravel
Warisan UNESCO di Kyoto (UNESCO)
Warisan UNESCO di Kyoto (UNESCO)
Kyoto - Beragam peninggalan budaya zaman dahulu, masih tersisa kejayaannya di zaman sekarang. Yuk jalan-jalan saja ke 5 Situs Budaya UNESCO!

Tidak dipungkiri, kejayaan di masa sekarang adalah hasil dari pemikiran orang-orang terdahulu. Bagaimana pemikiran dan karya terdahulu beberapa masih ada bahkan masih terlihat utuh. Peninggalan-peninggalan ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai bagian dari Situs Budayanya.

Bagaimana kalau kita masukan ke dalam daftar destinasi tahun depan untuk berkunjung ke situs budaya yang dilindungi oleh UNESCO? Berikut destinasi Situs Budaya UNESCO yang harus kamu kunjungi yang telah dirangkum detikTravel, Rabu (31/10/2018).


1. Old Havana, Kuba

 (UNESCO) (UNESCO) Foto: undefined


Menurut sejarah, Havana didirkan pada tahun 1519 oleh Spanyol. Di abad ke 15 kota ini telah menjadi salah satu pusat utama Karibia dalam pembangunan kapal. Sekarang Havana merupakan kota metropolitan yang luas dengan populasi lebih dari 2 juta jiwa.

Jalan-jalan di Old Havana kamu akan menemukan bangunan dengan arsitektur-arsitektur lama yang masih berdiri dengan kokohnya. Suasana jadul dapat terlihat dari jalanan, bangunan-bangunan, museum, katedral dan mobil-mobi antik yang mengitari kota.

Beberapa objek wisata yang bisa kamu temukan di sini antara lain Plaza de la Catedral, Plaza de Armas, Plaza Vieja, Kastil Real Fuerza, City Museum, Plaza de San Francisco dan banyak lagi bangunan tua yang unik.

2. Kyoto, Jepang

Kyoto adalah ibukota kuno Jepang yang telah ada semenjak tahun 794-18l4. Ini adalah masa ketika budaya dan tradisi Jepang sedang berkembangnya.Di zaman sekarang, Kyoto dikenal karena nilai sejarah dan budayanya yang terpapar di ribuan kuil dan peninggalan unik di zamannya. Kyoto menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan bila ke Jepang.

Karena kaya akan sejarah dan budaya itulah UNESCO menobatkan 17 situs di Kyoto sebagai Warisan Budaya Dunia. Beberapa situs UNESCO yang bisa kamu kunjungi di antaranya Kuil Kiyomizudera, Kuil Kinkaku-ji, Kuil Ryoan-ji, Kuil To-ji, Kuil Tenryu-ji, Benteng Nijo-jo, Kuil Nishi Hongan-ji dan masih banyak lagi kuil lainnya.

3. Praha, Republik Ceko

 (UNESCO) (UNESCO) Foto: undefined


Ibukota negara Republik Ceko ini juga dinobatkan sebagai situs budaya UNESCO. Kota ini dibangun diantara abad ke 11-18. Berkeliling Kota Praha kamu akan disajikan arsitektur dan budaya abad Pertengahan yang masih utuh dan megah.

Banyak landmark megah yang bisa kamu temui di Praha, seperti Kastil Hradcany, Katedral St Vitus, Charles Bridge, dan banyak gereja dan istana yang masih berdiri dengan kokohnya.

4. Valletta, Malta

Valletta adalah ibukota Malta, sebuah negara kecil yang berada di Laut Tengah. Kota ini didirikan oleh Ordo Kesatria St John dari Yerusalem pada abad 15.

Terdapat 3 Situs UNESCO yang bisa kamu temukan di Valletta, yaitu Kota Valletta, kuil megalitikum dan Safal Saflieni Hypogeum. Saat kamu berkunjung dan menikmati peniggalan budaya ini, traveler akakn diibuat kaget oleh arsitektur yang unik. Akan timbul pertanyaan bagaimana orang dahulu bisa membangun bangunan seperti ini.

5. Petra, Yordania

 (UNESCO) (UNESCO) Foto: undefined


Salah satu situs arkeologi di dunia yang terkenal adalah Petra, sebuah komplek kota kuno yang dahulu pernah hilang namun akhirnya ditemukan lagi.

Kota Tua Petra ini berada di sisi selatan Yordania atau berjarak sekitar 4 jam perjalanan dari ibukota Amman. Kota tua ini diperkirakan telah ada semenjak 312 SM dan dibangun oleh Suku Nabatean. Hebat bukan, bagaimana suku pada zaman itu membangun kota lengkap dengan irigasi dan terlindung dari musuh.




Tonton juga '19 Daftar Lokasi dan Bangunan Bersejarah Baru di UNESCO':

[Gambas:Video 20detik]

(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED