Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Okt 2018 22:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tradisi Unik Anak Kuliahan di Skotlandia: Perang Busa

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Tradisi unik perang busa mahasiswa baru Universitas St Andrews (Jeff J Mitchell/Getty Images)
Tradisi unik perang busa mahasiswa baru Universitas St Andrews (Jeff J Mitchell/Getty Images)
St Andrews - Setiap tahun anak kuliahan di Skotlandia punya tradisi unik dalam menyambut junior mereka. Mereka akan perang busa sambil memakai kostum-kostum unik!

Setiap tahun, ada sebuah tradisi yang tak boleh dilewatkan oleh para mahasiswa baru Universitas St Andrews di Skotlandia. Tradisi tersebut bernama 'Raisin Monday'.

Dilansir detikTravel dari BBC, Rabu (31/10/2018), Raisin Monday adalah tradisi turun temurun yang diwariskan oleh para senior Universitas St Andrews. Universitas St Andrews sendiri sudah berdiri sejak tahun 1410 atau sekitar 5 abad silam.

Zaman dulu, para mahasiswa baru St Andrews akan memberikan hadiah kepada para 'orang tua akademik' alias kakak senior mereka. Hadiah ini berupa 1 pound (0,45 kg) kismis yang diberikan untuk mahasiswa tahun ketiga dan keempat.
Tradisi Unik Anak Kuliahan di Skotlandia: Perang BusaFoto: (Jeff J Mitchell/Getty Images)


Kismis ini diberikan sebagai ucapan terima kasih para junior kepada para senior yang telah menyambut dan membimbing mereka waktu pertama kali masuk di Universitas St Andrews. Sebagai gantinya, para senior akan memberikan tanda penerimaan yang tertulis dalam bahasa Latin.

Tradisi ini biasanya digelar sepekan setelah masa orientasi kampus, atau yang kita kenal sebagai OSPEK. Nah, jika ada mahasiswa baru yang gagal di masa orientasi, maka mereka akan disiram atau bahkan dimasukkan ke dalam kolam air mancur.

Tahun demi tahun, tradisi Raisin Monday berevolusi hingga kita kenal seperti sekarang. Hadiah kismis diganti dengan botol wine, sedangkan tradisi siram menyiram air mancur, diganti dengan perang busa. Busa yang digunakan biasanya adalah busa untuk mencukur kumis.

Tradisi Unik Anak Kuliahan di Skotlandia: Perang BusaFoto: Jeff J Mitchell/Getty Images


Ratusan orang mahasiswa baru pun larut dalam acara perang busa ini. Kegembiraan dan senyuman terus terpancar di wajah mereka. Ospek yang di Indonesia terkesan seram, ternyata dirayakan dengan sangat menyenangkan di Skotlandia.

Selama perang busa, mereka memakai kostum yang unik-unik. Ada yang memakai kostum pisang, robot, bahkan polisi. Tapi ada juga yang memakai dress, dan juga busana casual.

Raisin Monday tahun ini digelar pada Senin (22/10) pekan lalu. Traveler yang kebetulan liburan ke Skotlandia bisa nonton acara seru-seruan ini. Wah, asyik banget ya sepertinya! (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA