Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Nov 2018 21:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tempat Pelatihan Pertama Pilot Perempuan di India

Syanti Mustika
detikTravel
Suasana pelatihan pilot perempuan di India (dok Banasthali Vidyapith)
Suasana pelatihan pilot perempuan di India (dok Banasthali Vidyapith)
Jaipur - Di India terdapat sebuah kampus khusus perempuan. Selain mengajarkan ilmu perkuliahan pada umummya, di sini juga mengajarkan perempuan menjadi seorang pilot.

Dilansir detikTravel dari CNN Travel, Rabu (28/11/2018) kampus ini bernama Universitas Banasthali Vidyapith. Kampus khusus perempuan ini berada di Vanasthali, India.

Kampus ini didirikan oleh seorang politikus yang berasal dari keluarga petani di Rajasthan, Hiralal Shastri. Mereka pindah ke Desa Vanasthali tahun 1929 dan mendirikan program sosial untuk mendidik petani dan rekontruksi desa.

Karena keadaan, putri mereka yang masih kecil pun mengadakan kelas dan mengajarkan anak-anak desa. Namun, karena sakit di usia 12 tahun sang putri menigngal dunia. Demi meneruskan impian sang anak, Shastri pun mulai mendidik dan memberdayakan para anak perempuan seperti yang diimpikan putri mereka.

Suasana pelatihan di tahun 1960 (dok Banasthali Vidyapith)Suasana pelatihan di tahun 1960 (dok Banasthali Vidyapith)
Maka dibukalah Banasthali Vidyapith di tahun 1935 dengan tujuh siswa perempuan. Mereka prihatin terhadap pandangan masyarakat terhadap perempuan yang tidak bisa apa-apa dan tak perlu pendidikan. Dengan adanya kanmpus ini, diharapakan perempuan punya posisi penting dan punya andil dalam masyarakat.

Kampus pun makin berkembang dan sampai saat sekarang kampus ini pun menawarkan 28 disiplin ilmu, salah satunya adalah konsentrasi penerbangan alias pilot.

Mereka memperkenalkan Gliding &Flying Club dengan 5 armada pesawat pada tahun 1960-an dengan kondisi hanya sedikit pilot perempuan di dunia. Tujuan awalnya adalah membangun kepercayaan diri perempuan sebagai programholistik sekolah. Program ini kemudia berevolusi menjadi School of Aviation dimana perempuan bisa mengejar lisensi, gelar sarjana atau lisensi pilot komersial.

Bagi siswi yang telah mendapatkan lisensi pilot, daripada mengejar penerbangan sebagai karir, Banasthali menyediakan terbang gratis selama 5-10 jam. Selama bertahun-tahun sekolah ini pun menghasilkan pilot perempuan, salah satunya adalah Avani Chaturvedi. Dia dikenal sebagai perempuan pertama India yang menerbangkan pesawat tempur pada usia 24 tahun di tahun 2016.

Saxena berfoto di samping pesawat (dok Tarana Saxena)Saxena berfoto di samping pesawat (dok Tarana Saxena)
Saxena, seorang pilot lulusan kampus ini mengungkapkan bahwa dia bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang tidaklah mudah. Dia hidup di sebuah kota yang tidak ada bandara, tidak banyak orang yang berbahasa Inggris, dam hidup dalam masyarakat yang masalah besar jika perempuan naik sepeda.

Namun dia beruntung orangtuanya berpikiran terbuka dan tidak mempedulikan omongan orang-orang. Dia juga mengungkapkan bahwa di awal penerbangan memakan biaya yang cukup mahal.

Saat ini, 12 persen pilot di India adalah perempuan. Jumlah ini adalah yang tertinggi di dunia. Sebanyak 2.600 wanita di India telah menerbangan pesawat pribadi, pilot angkatan laut dan helikopter.

Sekarang perempuan India bisa belajar di lembaga penerbangan manapun di India. Tetapi Banasthali Vidyapith menjadi institusi utama yang berada di garis depan pendidikan perempuan di India. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED