Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jan 2019 17:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Dijual! Rumah dengan Panorama Indah di Italia Seharga Rp 16 ribu

Shinta Angriyana
detikTravel
Kota Sambuca di Italia (iStock)
Kota Sambuca di Italia (iStock)
Sambuca - Membeli rumah tidak selamanya mahal. Di Italia, ada rumah dengan pemandangan Laut Mediterania harganya cuma Rp 16 ribu lho. Penasaran?

Inilah kota Sambuca, letaknya berada di Sicila, sekitar 10 jam dari Ibukota Italia, Roma. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (17/1/2019) Sambuca berniat mencari penduduk untuk menghidupkan kembali kota yang sudah ditinggal banyak penghuninya, dengan menjual hunian super murah.

Sambuca memiliki suasana jadul khas Italia dengan pemandangan perbukitan hijau. Selain itu, daya tarik yang menarik adalah pemandangan yang menghadap laut Mediterania.

Namun, Sambuca ditinggal oleh para penduduk ke kota-kota maju. Hal ini, membuat pemerintah setempat ingin membuat Sambuca ramai kembali, dengan cara menjual rumah seharga EUR 1, atau setara dengan Rp 16 ribu.

"Berbeda dengan kota-kota lain yang hanya melakukan hal ini untuk propaganda, kota ini memiliki semua rumah € 1 yang dijual," kata Giuseppe Cacioppo, wakil walikota Sambuca dan dewan wisata seperti dikutip dari CNN.

Sudut kota Sambuca (iStock)


Namun, bukan semata-mata hanya membeli saja. Pemilik yang membeli, harus berkomitmen untuk memperbarui tempat tinggal yang runtuh dengan luas 40-150 meter dalam waktu 3 tahun sejak pembelian. Biayanya, sekitar EUR 15 ribu (Rp 242 jutaan).

Selain itu, ada juga biaya keamanan senilai EUR 5.000 (Rp 80 juta) yang akan dikembalikan jika renovasi sudah selesai. Menurut Giuseppe, Sambuca dulunya dikenal sebagai Kota Kemegahan. Lahannya sangat subur, dengan pemandangan alam indah yang penuh sejarah. Selain itu, tempat ini sangat tenang dan sejuk.

Ia pun mengatakan, bahwa apabila Sambuca tidak cepat-cepat direnovasi, akan menghalami kehancuran. Hal ini yang sangat dihindari oleh pemerintah setempat.

Sambuca sebenarnya bisa jadi peluang pariwisata yang besar bagi Italia. Hal ini, karena aksen Yunani Kuno dan Arab yang melekat kuat. Bisa jadi keunikan dan daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Sejauh ini, beberapa warga internasional sudah membeli sejumlah rumah di Sambuca. Tercatat, ada 10 rumah yang sudah resmi terjual. Rata-rata, orang Swiss, Prancis dan Spanyol yang tertarik dengan Sambuca.

Salah satu aksen Yunani Kuno di Sambuca (iStock)


Susanna Heinson, dari Jerman, telah membeli sebuah rumah dan menata ulang rumahnya di Sambuca.

"Saya tidak sabar untuk menghabiskan musim panas mendatang di Sambuca, itu tempat yang indah dan istimewa. Orang-orangnya sangat berpikiran terbuka dan ramah. Restoran yang bagus, kilang anggur yang luar biasa. Kami merasa di rumah sendiri," ujarnya.

Sambuca sempat dinominasikan dalam kontes Most Beautiful Towns Italia 2016. Bahkan, direncanakan akan membuka hotel untuk membantu para pendatang baru merasakan sensasi menyatu dengan kehidupan desa setempat dan bergaul dengan penduduk. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.