Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Jan 2019 17:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tahun Baru China di Penang, Ayo ke Kelenteng Kuan Im!

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Syanti/detikTravel)
Foto: (Syanti/detikTravel)
Georgetown - Tahun Baru China sebentar lagi tiba. Kamu yang liburan Imlek di Penang, Malaysia yuk ke Georgetown, kunjungi Kelenteng Kuan Im di sana.

Tahun Baru China tinggal hitungan hari. Traveler yang ingin menghabiskan waktu liburan Imlek di Penang, Malaysia jangan lewatkan berkeliling Georgetown. Di sana terdapat kelenteng utama bernama Kuan Im Temple untuk berwisata dan ibadah.

Beberapa waktu lalu detikTravel berkunjung ke Penang atas undangan Princess Cruise di tanggal 19-23 Januari 2019. Kami pun berkunjung ke beberapa destinasi yang ada di Penang.

Kami pun singgah ke kelenteng Kuan Im atau dikenal juga dengan nama Tokong Kuang Im atau Kong Hock Keong Kuan Im alias Goddess of Mercy Temple. Kelenteng ini dibangun pada tahun 1880 oleh para China pendatang dari Hokkian dan Kanton.

 (Syanti/detikTravel) (Syanti/detikTravel)


Ini adalah kelenteng pertama yang dibangun di kawasan Georgetown oleh orang China. Dulunya kelenteng ini dibangun sebagai pusat ibadah dan aktivis agama serta penyatu sosial orang China di Georgetown.

Kelenteng Kuan Im dibangun untuk menghormati Dewi Kuan Im, penganut Buddhist yang taat dan telah mencapai nirwana dalam ajaran Buddha. Dewi ini tetap berada di dunia untuk membimbing para manusia yang sedang berjuang mencapai Nirwana.

"Ini adalah kelenteng pertama dan utama di Georgetown. Kelenteng ini dibangun untuk Dewi Kuan Im. Kebanyakan turis juga datang berdoa ke sini mengharapkan kedamaian, keselamatan dan kesehatan," ungkap James, guide yang mendampingi kami.

 (Syanti/detikTravel) (Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Ukuran kelenteng tidaklah besar. Di bagian depan kelenteng juga ada yang berjualan aksesoris ibadah. Traveler yang ingin beribadah atau berdoa terdapat dupa gratis di sebelum pintu masuk.

Pantauan detikTravel, memang benar kelenteng ini tidak hanya untuk turis saja, namun juga beribadah. Terlihat sebagian turis yang datang berdoa dengan khusuknya.

Pengunjung juga diperbolehkan masuk ke dalam kelenteng. Di dalam juga ada beberapa patung dewa. Namun bagi turis yang datang untuk melihat diharap untuk menjaga ketenangan dan langkahnya, supaya tidak mengganggu yang sedang beribadah.

(Syanti/detikTravel)(Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Setelah puas berkeliilng traveler bila beruntung bisa melihat puluhan merpati berebut makanan di depan kelenteng. Terkadang ada masyarakat yang meletakan makanan di depan kelenteng untuk puluhan burung merpati.

Nah, traveler yang ingin beribadah sambil traveling yuk datang langsung ke sini. kelenteng Kuan Im masih termasuk dalam kawasan Georgetown UNESCO Heritage Site. Jadi setelah ibadah, bisa berkeliling Georgetown dan juga berkunjung ke Little India. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA