Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 31 Jan 2019 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Liburan Imlek di China, Ada Kisah Pohon Naga di Shandong

Bona
detikTravel
Pohon Naga di Temple of Confucius (Bonauli/detikTravel)
Pohon Naga di Temple of Confucius (Bonauli/detikTravel)
Qufu - Liburan Imlek di China, kamu bisa pergi ke Kota Qufu di Provinsi Shandong. Di sana ada destinasi unik berupa Pohon Naga.

Pohon berbentuk Naga ini ada di Temple of Confucius. Ini adalah tempat filsuf agung Konfusius mengajarkan Konghucu. Kelenteng ini tepatnya berada di Kota Qufu, Provinsi Shandong, China. detikTravel bersama Dwidaya Tour pun mengulik tentang kelenteng bersejarah ini.

Sejak dulu banyak orang datang untuk menimba ilmu dari Konfusius. Bahkan setelah tiada, kaisar dari berbagai dinasti datang untuk menunjukkan hormat atas jasa Konfusius. Mereka biasanya akan datang dan meninggalkan batu prasasti sebagai bukti.

Sesuai dengan pengajaran dan amanah Konfusius, semua orang yang datang ke kelenteng ini harus meninggalkan statusnya. Semua orang harus berjalan kaki untuk dapat masuk ke kelenteng ini. Kaisar sekali pun harus mentaati peraturan ini.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Pohon Naga ini begini ceritanya. Pada suatu hari, seeorang kaisar sedang datang berkunjung memberi penghormatan di Temple of Confucius. Karena tidak biasa berjalan, kaisar ini merasa kelelahan.

"Kaisar tersebut kelelahan karena berjalan. Kemudian kaisar tersebut bersandar sejenak di salah satu pohon siprus," cerita Dennis, pemandu dari China International Travel Service.

Setelah bersandar, hal unik terjadi. Batang pohon yang menjadi sandaran kaisar tersebut mendadak berubah meliuk.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
"Batang pohon ini mendadak berbentuk ikal seperti badan ular," lanjut Dennis.

Menurut kepercayaan, pohon tersebut menyerap energi dari kaisar tersebut. Pada zaman itu anggapan yang ada adalah kaisar reinkarnasi dari naga. Sehingga energi dan auranya pun berwujud naga.

Oleh sebab itu, pohon yang menjadi senderan kaisar ikut berubah menjadi seperti naga. Wah!

Pohon Naga ini sendiri tak hanya bergelombang di satu sisi. Namun sampai ke atas batang pohon.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Di sebelah Pohon Naga ini juga terdapat yang tak kalah unik. Ada pohon yang mirip phoenix. Hanya saja pohon yang berusia ribuan tahun tersebut telah mati dan dikaitkan dengan tali agar tidak jatuh.

Kini dua pohon tersebut diberi pagar pembatas dan peringatan untuk tidak dipegang. Kalau sampai tergurat, wisatawan bisa diberi sanksi. Karena pohon tersebut sudah dianggap sebagai warisan budaya. Yuk datang kesana saat liburan Imlek nanti! (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA