Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Feb 2019 22:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ada Apa dengan Hidung Bengkok Pesawat Concorde?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Alpha Foxtrot (model Concorde terakhir) (Reuters/CNN Travel)
Alpha Foxtrot (model Concorde terakhir) (Reuters/CNN Travel)
Bristol - Pesawat Concorde terbang terakhir 15 tahun lalu. Hidung pesawat yang khas melengkung ke bawah mendadak jadi perbincangan di Eropa.

Melansir CNN Travel, Rabu (20/2/2019), sejak pendaratan terakhirnya pada tahun 2003, Alpha Foxtrot sebagai model Concorde terakhir yang dibangun dan terakhir terbang, telah ditempatkan di Aerospace Bristol. Inilah museum di Inggris di mana pengunjung dapat melihat dan naik ke pesawat yang terkenal itu.

'Droop nose' dirancang agar pilot pesawat Concorde dapat menurunkan moncong depan. Fungsinya untuk visibilitas yang lebih baik selama lepas landas dan mendarat. Posisi moncong dikembalikan ke bentuk semula ketika pesawat dinonaktifkan dan dikeringkan dari bahan bakar hidrolik saat pesawat berhenti beroperasi.

Namun, para konservator dan sukarelawan sedang bekerja untuk mengaktifkan kembali fitur tersebut. Mereka ingin hidung Concorde berfungsi pada 9 April 2019. Kenapa? Rupanya ini untuk peringatan 50 tahun penerbangan pertamanya di Inggris.

Concorde jelas merupakan daya tarik karena merupakan bintang di Museum Aerospace Bristol. Kata manajer pemasarannya Adam Jones, pengunjung di museum akan berbondong-bondong melihat hidungnya karena ada para insinyur bekerja untuk memperbaikinya.

Kabar ini yang kemudian menjadi buah bibir para netizen di Inggris. Sungguh sebuah momen langka.

Ada Apa dengan Hidung Bengkok Pesawat Concorde?John Britton, sukarelawan sedang bekerja untuk mengaktifkan kembali hidung Concorde (Aerospace Bristol/CNN Travel)


Concorde dirancang oleh Inggris-Prancis dan mampu terbang dengan kecepatan dua kali kecepatan suara. Pesawat ini pernah mengangkut penumpang antara London dan New York dalam waktu kurang dari tiga setengah jam.

Diluncurkan oleh British Airways dan Air France, masing-masing memiliki tujuh armada. Pesawat supersonik ini menjadi simbol perjalanan mewah di masa itu.

Namun, kecelakaan Concorde menjadi kejatuhannya. Hampir semua pesanan dibatalkan pada tahun 1976 karena kebisingan yang dibikinnya pula.

Ada Apa dengan Hidung Bengkok Pesawat Concorde?Foto: (CNN Travel)


Pada Juli 2000, jatuhnya pesawat Air France Flight 4590, di mana 109 orang tewas, semakin merusak citra Concorde. Meski Concorde kembali terbang pada tahun berikutnya, namun itu dibatalkan pada tahun 2003.

Menghidupkan kembali hidung Alpha Foxtrot, tanpa mengaktifkan sisa pesawat itu akan semakin sulit. Tim Aerospace Bristol telah memasang kabel dan transformator baru yang memungkinkan mereka menggunakan sistem kelistrikan asli pesawat.

Mereka selanjutnya berencana untuk menginstal motor dan power pack yang disumbangkan oleh pemasok hidraulik Zeus Hydratech. Alat itu mampu mengirimkan tenaga 3.000 psi tekanan hidrolik ke hidung Concorde.

Sudah lebih dari 15 tahun sejak Alpha Foxtrot mendarat. Kenapa minat pada pesawat tetap begitu tinggi?

"Karena tidak ada yang seperti itu bahkan sampai sekarang. Itu adalah pencapaian teknik yang luar biasa dan puncak dari perjalanan pesawat mewah di pasar nasional hingga global," ucap Jones. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED