Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Mar 2019 09:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Tempat Wisata Favorit di Australia Barat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pemandangan unik di Kalbarri, Australia Barat (Tourism Western Australia
Pemandangan unik di Kalbarri, Australia Barat (Tourism Western Australia
Perth - Australia Barat adalah destinasi sempurna untuk liburan Anda sekeluarga. Ada banyak tempat wisata dari alam yang indah sampai kota yang menarik.

Australia Barat adalah negara bagian Australia yang dekat dengan Indonesia. Ibukota Australia Barat yaitu Perth adalah gerbang masuk untuk menjelajahi kawasan ini. Ternyata, Perth tidak jauh dari Jakarta atau Bali. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan dengan banyak pilihan maskapai dari yang bujet sampai full service menuju ke Australia Barat.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat yang Menakjubkan

Dihimpun detikcom dari Tourism Western Australia, Sabtu (9/3/2019), tempat wisata di Australia Barat begitu banyak, menakjubkan dan tersebar di beberapa kota. Inilah 10 tempat wisata yang paling populer untuk wisatawan:

1. Perth

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Perth akan menjadi kota liburan yang menyenangkan. Destinasinya banyak dan transportasi publiknya juga bagus. Berkeliling Kota Perth akan menjadi pengalaman luar biasa untuk wisatawan.

Keunggulan Perth dalam transportasi massal adalah kehadiran Bus Central Area Transport (CAT) yang gratis di pusat kota. Jalur Merah beroperasi di kawasan timur-barat dengan rute Queens Garden ke Outram Street. Jalur Biru beroperasi di kawasan utara-selatan dengan rete Barrack Street Jetty ke Northbridge. Jalur Kuning beroperasi di kawasan Perth timur-barat. Jalur Hijau di rute Stasiun Leederville dan Terminal Bus Elizabeth Quay melalui Stasiun City West.

Berkeliling Perth bisa dimulai dari pagi hari dengan berjalan-jalan di Kings Park yang berlokasi tak jauh dari CBD. Inilah taman kota terluas yang ada di Australia Barat dan Kings Park merupakan tempat favorit warga lokal untuk piknik. Dinaungi pepohonan yang rimbun, kamu bisa menggelar tikar dengan latar Sungai Swan dan Canning.

Jika kamu berkunjung di Musim Semi, ada pertunjukan teater, konser musik, dan beragam atraksi lainnya. Di bulan September adalah waktunya bunga-bunga liar bermekaran di Kings Park dan Botanic Gardens Wildflower Festival dengan jumlah sekitar 3.000 spesies.

Tak hanya itu, Kings Park juga memiliki toko yang menjual beragam suvenir khas Australia Barat. Buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00. Pasti cocok di akhir kunjungan. Yang mau wisata keluarga di Australia Barat, maka Perth adalah tempatnya.

Selain Kings Park, ada pula The Perth Mint. Ini adalah bekas tambang yang kini jadi museum dan menyimpan koin emas terbesar sedunia, yakni seberat 1 ton dan bernilai USD 50 juta.

Tempat favorit lainnya di Perth adalah Elizabeth Quay. Di sini juga menyajikan hiburan malam dan kuliner malam yang mumpuni karena berada di Sungai Swan dengan latar pencakar langit Kota Perth.

Lokasi ini dapat Anda akses menggunakan Kapal Feri dari dermaga di Barrack Street. Alternatif lain untuk menikmati malamnya adalah kawasan Northbridge yang dapat diakses jalan kaki 5 menit dari CBD.

Ada sederet tempat makan di sini. Ada wine bar, fasilitas hiburan malam, beragam festival di waktu-waktu tertentu, pertunjukan seni dan museum.

BACA JUGA: Mengenal Australia Barat yang Penuh Pesona dan Dekat Indonesia


2. Swan Valley

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Destinasi ini berupa kawasan agrowisata penghasil anggur di Australia Barat. Cukup dekat dari pusat kota, yakni 30 menit melalui Great Eastern Highway.

Swan Valley dapat diakses menggunakan kereta dari Jalur Midland dan turun di Stasiun Guildford yang memiliki bangunan-bangunan tua. Kunjungilah tempat pembuatan wine di sini, seperti Sandalford Winery atau Coward and Black.

Wisatawan bisa mencicipi wine yang ada di sana. Selain itu, mereka juga bisa belajar lebih tentang wine dan kemudian berbelanja hasilnya, juga makan yang padu dengan wine. Selain wine, Swan Valley adalah tempat untuk menikmati hasil pertanian lain dari Australia Barat seperti coklat, madu dan lain-lain

3. Fremantle

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Fremantle adalah kota pelabuhan yang menawan dengan waktu kunjungan terbaik ada di bulan Oktober atau November saat digelar Festival Fremantle. Kota ini ditempuh 35 menit melalui Canning Highway dari Perth atau naik kereta komuter.

Yang menarik di sini adalah Penjara Fremantle Bangunan dari abad ke-19 ini untuk menampung tahanan dengan keamanan maksimal hingga tahun 1991. Ada tur dengan pemandu selama 75 menit untuk mengelilinginya. Fremantle juga memiliki Museum Maritim Australia Barat, Museum Kapal Karam yang menyimpan ratusan bangkai kapal juga artefak penting lainnya.

Fremantle Market adalah destinasi wajib untuk wisatawan yang suka belanja dan berburu suvenir. Jangan lupa menjajal kuliner di Capuccino Street yang tak jauh dari masakan laut.

4. Rottnest Island

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Pulau Rottnest adalah pulau di dekat Perth sejauh 25 menit naik kapal. Anda bisa naik dari dermaga di Barrack Street dan Hillarys Boat Harbour.

Pulau Rottnest memiliki 63 pantai dan 20 teluk yang patut dikunjungi. Bawah airnya memiliki 135 spesies ikan dan 25 spesies koral yang juga asyik jadi lokasi snorkeling atau diving.

Rotto, sebutan bagi Rottnest bisa dijelajahi dengan sepeda untuk menuju mercusuarnya. Pulau ini bebas polusi karena tak ada kendaraan bermotor, dan yang paling penting adalah Anda harus bertemu dengan quokka, fauna asli Pulau Rottnest yang lucu dan imut. Anda juga bisa menginap di sini.

5. Mandurah

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)



Kota Mandurah adalah yang terbesar kedua di Australia Barat. Ada banyak tawaran tur dengan kapal pesiar di sini untuk menyusuri kanal-kanalnya.

Pelayaran kapal pesiar di Mandurah amat mengesankan jika dilakukan di bulan Desember sampai pertengahan Januari. Kenapa, karena kota ini akan berhiaskan pernak-pernik Natal.

Tak berhenti di situ soal Mandurah. yang membuat kota ini terkenal adalah lumba-lumbanya yang sering terlihat di perairannya dan Anda bisa melihatnya dengan mengikuti tur.

6. Dunsborough

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Dunsborough ada di Geographe Bay atau sekitar 2 jam berkendara dari Mandurah. Ada banyak pantai berpasir putih di sini dan merupakan salah satu pantai terbaik di Australia Barat.

Lokasi ini pasti cocok bagi Anda yang ingin berjalan kaki atau bersepeda. Nikmatilah lanskap kota dari ketinggian di Cape Naturaliste Lighthouse, dan sunsetnya di Meelup Beach karena ada kanguru berloncatan pantainya. Keren bukan?

Kekayaan alam Dunsborough ada di lautnya. Anda bisa melihat migrasi paus bungkuk, paus sikat, paus minke, paus biru setiap bulan September hingga November dan pelayarannya berangkat setiap hari di pukul 09.30 dan 13.00 dari Busselton Jetty.

7. Margaret River

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Berbagai aktivitas dapat kamu lakukan jika mengunjungi Margaret River. Mulailah sarapan di Margaret River Farmer's yang terkenal lalu menjelajahlah ke Gua Mammoth, Lake Cave dan ke Cape Leeuwin Lighthouse untuk melihat Samudra Hindia.

Tak hanya itu, kamu juga bisa ke Hamlin Bay dan berenang bersama ikan pari. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menginjaknya.

Anda mencari kuliner di Margaret River? Ada. Wisatawan dapat makan siang di Vasse Felix yang berada di kawasan perkebunan tertua Leeuwin Estate dengan sajian daging dombanya yang melegenda juga ada Margeret River Chocolate yang menyediakan coklat sebagai makanan penutup.

BACA JUGA: Foto Aneka Festival Meriah di Australia Barat

8. Pinnacles

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Pinnacles adalah tonggak bebatuan yang terbentuk lima juta tahun lalu dari kerang yang mengeras lalu muncul menjulang dan sangat epik saat difoto. Lokasinya ada di Taman Nasional Nambung.

Perjalanan saat sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Pinnacles. Sebelum sampai, mampir dulu ke Danau Thetis yang dipenuhi stromatolite atau fosil-fosil yang merupakan koloni bakteri air yang tersedimentasi dalam beberapa lapisan karbonat.

Danau berair payau menggambarkan keadaan bumi di masa awalnya. Sampai di Pinnacles, inilah padang batu runcing di hamparan pasir coklat. Pinnacles asyik dinikmati sampai malam hari karena menawarkan langit bersih tanpa polusi dan penuh bintang

9. Hutt Lagoon

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Danau Hut Lagoon dijuluki Pink Lake dan memiliki air asin. Hutt Lagoon berada di desa nelayan Port Gregory yang memiliki laguna berair merah muda atau pink.

Warna pink disebabkan oleh alga yang mengandung beta karotin. Dulunya, muara seluas 70 kilometer ini merupakan muara Sungai Hutt dan seiring perjalanan waktu terpisah dari laut akibat endapan pasirnya.

Hutt Lagoon dapat berubah dari waktu ke waktu dari merah ke pink permen karet dan lila atau merah keunguan karena tertutup awan, waktunya dan musimnya.

10. Kalbarri

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Taman Nasional Kalbarri ini salah satu unggulan di Australia Barat. Kalbari menjadi salah satu lokasi bagi kamu yang ingin menjelajah alam liar di sana.

Taman Nasional Kalbarri berjarak sekitar 50 menit dari Hutt Lagoon. Bulan Juli-Oktober adalah waktunya bunga liar bermekaran di sini.

Ngarai sepanjang 80 kilometer di sepanjang Sungai Murchison dengan hamparan batu juga pasirnya adalah hal menakjubkan di Taman Nasional Kalbari. Juga yang ikonik di sini adalah Nature's Window atau bongkahan pasir berlapis-lapis kemerahan yang tengahnya memiliki lubang

Tak hanya itu ada hal menarik lain di Taman Nasional Kalbarri. Pertama The Loop atau trekking di pulau pasir di ngarai, kedua Z Bend Lookout atau menikmati pemandangan ngarai, dan menikmati pantai dengan tebing. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED