Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Apr 2019 07:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata Kuliner Halal di Singapura, Bukan Sekadar Tanpa Babi

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi Singapura (Pradita/detikcom)
Ilustrasi Singapura (Pradita/detikcom)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Singapura - Traveling ke Singapura untuk wisatawan Muslim, benar-benar tidak perlu pusing lagi. Makanan halal benar-benar terjamin standarnya, bukan hanya sekadar tanpa babi.

Singapura, meski bukan mayoritas Muslim, ternyata menganggap serius wisatawan muslim yang datang ke negaranya. Diapit oleh Indonesia dan Malaysia, negara mayoritas penduduk penganut agama Islam, membuat Singapura juga membuka diri untuk wisatawan muslim.

Selain sejumlah tempat ibadah, fasilitas umum lain seperti tempat makan pun disediakan. Bukan sekadar kandungan, tetapi juga segala aspek yang menjamin halal.

Wisata Kuliner Halal di Singapura, Bukan Sekadar Tanpa BabiPembeda makanan Halal dan Non Halal (Shinta/detikcom)

Misalnya saja dari sertifikasi. Hal ini cukup penting, untuk menjamin bahwa ada lembaga Islam yang menyatakan bahwa makanan tersebut tidak mengandung hal-hal haram, seperti daging babi, minyak babi, atau kandungan alkohol.

Masyarakat Singapura pun turut berpartisipasi. Contohnya di wisata kuliner di food court Kopitiam, pusat perbelanjaan Changi City Point. Di sana, ada bagian makanan Halal dan Non Halal, serta setiap kedai memiliki logo khusus.

Wisata Kuliner Halal di Singapura, Bukan Sekadar Tanpa BabiFoodcourt di Changi City Point (Shinta/detikcom)


Alat-alat makanan yang digunakan juga mempunyai perbedaan. Jika makanan yang disajikan Halal, alat makannya berwarna hijau dan hanya boleh digunakan untuk makanan lain yang juga halal. Makanan non halal, memiliki alat makan berwarna putih.

Tempat menaruh alat makan atau tray juga punya pembeda. Pihak pengelola menyajikan tulisan khusus halal dan non halal. Sangat mudah!

Tempat lain, Berseh Food Centre di Jalan Besar, juga punya tempat pembeda. Di sana, ada tray khusus makanan halal dan non halal. Sehingga tidak perlu khawatir, apabila traveler ingin wisata kuliner di Singapura.

Wisata Kuliner Halal di Singapura, Bukan Sekadar Tanpa BabiFood tray di Berseh food center (Shinta/detikcom)

Jika traveler ingin lebih mudah mencari makanan halal, paling mudah adalah mencari makanan vegetarian. Namun, beberapa restoran Padang atau Timur Tengah pun sudah bisa dijamin kualitas halalnya.

Beberapa tempat yang menjual makanan halal di Singapura antara lain kawasan Kampong Glam, Bugis dan beberapa food court di dalam mal. Mudah dan efisien bukan mencari makanan halal di Singapura? (sna/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED