Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Apr 2019 19:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Filosofi Toilet Tanpa Pintu di China

Bona
detikTravel
Toilet yang bisa gandengan di China (Bonauli/detikcom)
Toilet yang bisa gandengan di China (Bonauli/detikcom)
Taian - Perjalanan ke negeri lain biasanya meninggal banyak kenangan, entah karena budaya atau peradaban. Satu yang sulit dilupakan dari China adalah toiletnya.

China memang dikenal sebagai negeri yang punya peradaban sedikit berbeda. Hal ini tentu saja berkaitan dengan budaya dan kultur yang berkembang di sana.

Selain menikmati keindahan alamnya, detikcom juga mendapat pengalaman unik terkait kamar mandi umum di China, khususnya Shandong. Mungkin banyak dari traveler yang pernah liburan ke China dan merasa kurang nyaman karena salinitas kamar mandi.

Provinsi Shandong di China pun punya kisahnya. Kebanyakan kamar mandi publik di Shandong terbilang bersih. Termasuk toilet kering, traveler bisa dengan mudah mengakses kamar mandi di area tempat wisata.

Filosofi Toilet Tanpa Pintu di ChinaFoto: (Bonauli/detikcom)


Namun tetap saja, ada beberapa kamar mandi yang meninggal kesan tersendiri dalam perjalanan. Sebuah toilet di area tol dari Kota Taian menuju Qingdao salah satunya.

Toilet ini berada di ujung kawasan pengisian bensin dan swalayan kecil. Tak ada yang aneh sampai saya menyadari bahwa toilet tersebut tidak memiliki pintu.

Hanya di lindungi atap dan tembok yang dibuat menjadi labirin untuk satu jamban itu. Sehingga jangan kaget kalau tiba-tiba ada yang masuk. Tapi itu belum seberapa. Rupanya, toilet ini benar-benar kering alias tak ada air untuk menyiram.

Jadi pengguna harus berjongkok tanpa melihat ke dalam lubang jamban. Karena segala sampah tisu bekas dan kotoran manusia terongok begitu saja di bawah sana. Baunya pun tak perlu diragukan lagi.

Mempertimbangkan hal tersebut, saya mengurungkan niat untuk mengambil foto di toilet tersebut. Namun kesan yang ditinggalkan berbekas di benak saya.

Itu tadi bukan cuma di toilet wanita, pria pun demikian. Hanya saja ada dua jamban yang bersebelahan tanpa bilik. Semacam toilet gandeng. Karena jarak satu jamban dengan yang lainnya sangat dekat bahkan bisa untuk gandengan.


Filosofi Toilet Tanpa Pintu di ChinaFoto: (Bonauli/detikcom)


Toilet gandeng ini tak hanya sekali saya jumpai. Di tol selanjutnya, juga ada toilet tanpa pintu dan berdampingan. Bedanya, toilet punya air. Sebaskom air juga diletakkan di antara jamban. Mungkin untuk cuci tangan ya...

BACA JUGA: Kisah Tembok Raksasa Tertua di China yang Ditinggalkan

Saya pernah mendengar cerita bahwa toilet tanpa pintu sengaja dibuat dengan suatu maksud. Katanya, tangan yang menyentuh pintu sehabis buang air menjadi salah satu penyebaran penyakit. Sehingga dibuatlah toilet tanpa pintu.

Namun, hal tersebut dibantah oleh pemandu wisata saya.

"Kita sebenarnya tidak punya filosofinya (toilet tanpa pintu). Di beberapa pedesaan, toilet memang dibuat sangat simpel, bahkan mereka tidak punya air dan pintu seperti di kota-kota besar," ujar Dennis, dari China Travel International Service.

Menurutnya, China di masa lalu terkenal dengan toilet kotor dan bau. Namun seakrang, pemerintah terus memperbaiki hal tersebut. Dan Shandong salah satu Provinsi yang memiliki ruang toilet publik cukup bersih. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED