Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Mei 2019 12:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ada di Afrika, Ini Masjid Mirip Kastil Abad Pertengahan

Bona
detikTravel
Foto: Masjid Tin Mal (iStock)
Foto: Masjid Tin Mal (iStock)
Marrakesh - Ada banyak masjid cantik yang menarik perhatian dunia, yang bikin beda adalah sejarahnya. Inilah masjid cantik Maroko yang mirip kastil dan pernah terbaikan.

Maroko di Afrika Utara punya banyak masjid cantik yang bisa traveler kunjungi. Namun hanya ada 2 masjid yang membuka pintunya untuk wisatawan non muslim, salah satunya Tin Mal, Marrakesh seperti yang diintip detikcom dari berbagai sumber, Rabu (15/5/2019).

Tin Mal Mosque atau disebut juga Tin Mel adalah sebuah masjid di kota kecil Tin Mal. Kota ini didirikan oleh Ibn Tumart. Ibn Tumart adalah seorang pendiri dan pemimpin spiritual Almohads sekitar tahun 1124.

Dahulu kala, kawasan ini menjadi ibukota kerajaan dari Mali ke Tunisia dan Spanyol. Sehingga Tin Mal menjadi pusat budaya dan agama kekaisaran. Masjid Tin Mal dibangun pada tahun 1156 untuk menghormati Ibn Tumart.

Ada di Afrika, Ini Masjid Mirip Kastil Abad PertengahanFoto: (iStock)


Namun pada tahun 1270an, Dinasti Merinid datang dan Tin Mal mengalami kehancuran. Tak ada ang tersisa kecuali Masjid Tin Mal.

Selama periode panjang masjid ini pun terabaikan. Namun pada tahun 1990an, akhirnya Masjid Tin Mal mengalami renovasi.

Tak ada yang berubah dari masjdi ini. Semuanya dibuat sama persis seperti sediakala.

BACA JUGA: Masjid Sukarno yang Cantik di Rusia

Berada di atas sebuah bukit yang menghadap ke pedesaan, Tin Mal terlihat sangat menonjol. Bentuk masjid ini pun sangat khas.

Sebagai peninggalan abad pertengahan, Tin Mal Mosque memiliki menara di atas Mihrab. Kalau dilihat dari desa akan mirip kastil.

Interior masjid ini diperlihara dengan baik. Di bagian yang tak beratap, ada sejumlah pilar-pilar instagenik yang berwarna merah muda.

Ada di Afrika, Ini Masjid Mirip Kastil Abad PertengahanFoto: (iStock)


Warna dari masjid ini alami. Karena bangunan Tin Mal Mosque didominasi oleh batu-bata dan pilar batu. Sehingga Masjid Tin Mal masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1995.

Untuk bisa berkunjung ke masjid ini, traveler harus agak sedikit berkorban. Walau sulit dijangkau, namun perjalanan melalui Tizi n'Test di High Atlas jadi pemandangan yang eskotis.

Jarak Tin Mal dari Marrakesh sekitar 100 km. Di sana akan ada penjaga masjid yang bersedia untuk menceritakan era keagungan Masjid Tin Mal di abad pertengahan. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA