Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Mei 2019 12:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cuma di Fiji, Upacara Minum dengan Zat Aditif

Bona
detikTravel
Upacara Kava di Fiji (iStock)
Upacara Kava di Fiji (iStock)
Suva - Jepang mungkin punya upacara minum teh yang terkenal. Tapi Fiji sedikit bernyali, mereka sambut wisatawan dengan minuman berbahan aditif dan alkohol.

Sekilas tentang Fiji adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik. Negara ini terkenal dengan leluhurnya yang menganut sistem kanibalisme.

Tapi bukan itu yang mau dibahas di sini. detikcom mau mengajak traveler untuk mengenal upacara minuman tradisional Fiji yang bernama Kava. Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2019) minuman ini cukup kontroversial.

Kava merupakan minuman tradisional yang biasanya dilakukan untuk menyambut wisatawan. Minuman ini bisa dibilang cukup unik karena di beberapa negara, kava termasuk bahan aditif yang dilarang, termasuk Indonesia.

(iStock)(iStock)

Minuman ini dibuat dari akar tanaman kava atau yaqona dalam bahasa daerah. Pada zaman dahulu, akar tanaman ini dipotong-potong dan dikunyah oleh perempuan muda atau anak-anak. Kemudian diludahkan ke dalam mangkok besar yang berisi santan.

Kini tradisi tersebut hanya dilakukan oleh beberapa penduduk lokal. Proses ini sudah bergeser dengan memotong kecil akar yaqona dan memerasnya dengan kain dan tangan.

Rasa yang dihasilkan cukup beragam, mulai agak pahit, pedas bahkan sedikit rasa lumpur. Namun efek dari kava dipercaya untuk memberikan perasaan santai bagi peminumnya.

Seperti yang sudah disinggung, akar yaqona memilki bahan aditif. Sebelum mendapatkan efek rileks, mulut, bibir dan lidah akan terasa mati rasa begitu diteguk.

(iStock)(iStock)

Lepas dari bahan minumannya yang cukup berani, upacara ini menjadi tradisi keramah-tamahan warga Fiji kepada wisatawan. Kava juga dilakukan sebagai pemersatu dalam perselisihan lho!

Saat traveler datang ke Fiji, cobalah untuk berpartisipasi dalam upacara cara ini. Karena penduduk Fiji akan merasa sangat dihormati dan menyambut traveler dengan ramah.

Ibaratnya, kava adalah welcoming drink dari Fiji. Minum dari batok kelapa, takarannya satu atau setengah mangkok, bisa kamu pilih. Kamu berani mencobanya, traveler?

(iStock)(iStock)
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA