Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jun 2019 19:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Malaysia Pecahkan Rekor, Punya Seluncuran Air Terpanjang Sedunia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: (ESCAPE)
Foto: (ESCAPE)
Penang - Negara tetangga kita punya rekor baru. Adalah Malaysia yang akan membuka seluncuran air terpanjang sedunia.

Seperti dilansir CNN, Jumat (28/6/2019), seluncuran yang dimaksud akan memiliki panjang 1.140 meter. Namun sekarang, seluncuran itu masih dalam proses pengerjaan dalam sebuah tempat wisata di Malaysia.

Lokasi pembangunannya ada di taman rekreasi ESCAPE Penang dan tampaknya akan memecahkan rekor untuk seluncuran air terpanjang di dunia. Seperti diketahui bahwa Penang adalah satu dari dua kota tujuan utama di Malaysia, selain Kuala Lumpur.

Diperkirakan selesai pada akhir Juli, seorang staf mengatakan ini akan dibuka untuk umumnya sekitar pertengahan Agustus. Pemegang seluncuran air terpanjang saat ini yang memiliki sertifikat Guinness World Records berada di Action Park, sebuah taman rekreasi https://www.detik.com/tag/taman-rekreasi/ di Vernon, New Jersey, Amerika Serikat. Panjangnya 601 meter.

Malaysia Pecahkan Rekor, Punya Seluncuran Air Terpanjang SeduniaFoto: (ESCAPE)

Tidak seperti versi New Jersey, yang berbahan karet, seluncuran dari ESCAPE terbuat dari polimer yang diperkuat serat. Seluncuran ini akan menjadi bangunan permanen yang melekat pada tiang baja.


"Memecahkan rekor dunia bukanlah tujuan kami. Saya selalu bingung dengan bagaimana wahana dibuat begitu singkat dan cepat. Saya ingin membangun wahana yang mampu menghibur dan bertahan beberapa menit," kata Sim Choo Kheng, CEO operator ESCAPE.

Saat dibuka nanti, seluncuran menawarkan sensasi petualangan meluncur selama empat menit mengular turun ke lereng sedalam 70 meter, melewati pemandangan hutan. Pengunjung bisa mengakses titik awal seluncuran melalui kursi gantung kabel.

Malaysia Pecahkan Rekor, Punya Seluncuran Air Terpanjang SeduniaSeluncuran melewati hutan (ESCAPE/CNN)

Pulau Penang, di lepas pantai barat Malaysia, lebih terkenal dengan budaya dan wisata kuliner dibanding taman rekreasinya.

George Town, kota utama pulau itu, mempunyai daya tarik utama berkat perpaduan budaya dan kota tua yang penuh warna. Hal itu mencakup kuil Hindu dan vihara Buddha, street art, masjid-masjid, arsitektur kolonial Inggris hingga rumah-rumah bangsawan China yang penuh hiasan.

Penang juga dianggap sebagai salah satu destinasi wisata kuliner utama dunia. Itu berkat keberadaan kuliner bangsa Melayu, China dan India yang lezat yang mencakup hidangan seperti Hokkien mee (mie udang goreng) dan laksa Penang.

ESCAPE berjarak sekitar 30 menit dari George Town. Di dalamnya terdapat berbagai kegiatan petualangan termasuk seluncuran air, flying fox dan aneka wahana yang memiliki rintangan.

Simak Video "Kuy Mampir! Laksa Air Itam Legendaris di Penang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED