Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Jul 2019 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Aturan Menyeberang Pelican Cross di Australia

Rahmayoga
detikTravel
Pelican Cross di Melbourne (Rahmayoga/detikcom)
Pelican Cross di Melbourne (Rahmayoga/detikcom)
JaMelbourne - Kalau liburan ke Australia, ingat ya. Aturan menggunakan pelican cross untuk menyeberang jalan di Negeri Kanguru tidak sama persis dengan Indonesia.

Pelican cross di Indonesia mungkin baru eksis beberapa tahun terakhir di kota-kota besar. Nah, berbeda halnya jika kita tengah berkunjung ke Kota Melbourne, Australia.

Seperti yang detikcom alami saat berpelesir ke Negeri Kanguru, pekan lalu. Di Australia, di mana pun kita berada, traveler bakal melihat pelican cross.

Bahkan di sudut jalan kecil sekalipun. Fungsinya? Ya, tentu saja sebagai pemandu untuk menyeberang jalan agar aman.

Sebelum menyeberang, wisatawan wajib mengoperasikan pelican cross karena nyawa taruhannya. Supaya aman, detikcom merangkum beberapa tata cara untuk menyeberang di pelican cross di Australia.

 Tombol pelican cross (Rahmayoga/detikcom) Tombol pelican cross (Rahmayoga/detikcom)


1. Tekan tombol pelican cross

Di setiap jalan perempatan atau pertigaan kecil sekalipun, pelican cross pasti selalu ada. Sebelum mulai menyeberang, kita harus memencet tombol terlebih dahulu dan menunggu.

2. Tunggu hingga lampu indikator pejalan kaki berubah menjadi hijau

Setelah kita menekan tombol di salah satu pelican cross, biasanya kita harus menunggu sambil melihat lampu indikator di dekat lampu lalu lintas. Jika lampu indikator untuk pejalan kaki menunjukkan warna hijau, itulah saat yang tepat untuk menyeberang. Eits, tapi tetap perhatikan kendaraan di sekitar, ya!

4 Aturan Menyeberang Pelican Cross di AustraliaFoto: (Rahmayoga/detikcom)


3. Segera menyeberang

Meski lampu indikator pelican cross sudah menunjukkan tanda hijau, tapi kita tetap harus bergegas menyeberang jalan. Bukan tanpa alasan karena, berdasarkan pengalaman detikTravel, durasi lampu menyala hijau hanya sedikit saja.

Malah, terkadang, belum juga sampai seberang, lampu indikator pejalan kaki sudah kembali berubah menjadi merah.

4. Jangan main ponsel saat menyeberang

Satu hal lagi yang harus jadi perhatian para traveler. Jangan pernah bermain handphone saat menyeberang jalan di Australia.
Meski masih wacana, tapi ada sebuah organisasi di Australia yang mengusulkan agar ada denda bagi mereka yang menggunakan atau bermain handphone saat menyeberang jalan.

Lembaga yang mengusulkan tersebut adalah Dewan Pejalan Kaki Australia (Australian Pedestrian Council, PDA). Usulan dendanya? Tak main-main, sampai Rp 2 juta, lho!





Simak Video "Berpelesir ke Melbourne, Kamu Bakal Temukan 5 Hal Menarik Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA