Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jul 2019 21:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota di China yang 'Face To Face' Dengan Korea Utara

Bonauli
detikTravel
Foto: Kota Dandong di China (AFP/CNN)
Foto: Kota Dandong di China (AFP/CNN)
Dandong - Dandong di China mungkin tak sepopuler Beijing. Tapi karena letaknya di seberang Korea Utara, kota ini disambangi turis yang mau mengintip negara tersebut.

Kita mulai dengan mengenal Kota Dandong di China. Dikumpulkan detikcom dari CNN, Jumat (26/7/2019) Kota Dandong berada di tepi sungai Yalu di Provinsi Liaoning, China Timur Laut.

Sungai Yalu sendiri menjadi pembatas antara China dan Korea Selatan. Terbayang dong, betapa dekatnya China dengan negara tertutup itu.

Kota Dandong juga punya Tembok Besar Hushan, tepatnya Tiger Mountain. Tembok Besar Hushan menghadap langsung ke Kota Sinuiju. Dari atas sini pula, biasanya wisatawan mencoba untuk mengintip Korea Utara lewat teropong.

Kota di China yang 'Face To Face' Dengan Korea Utara
(AFP/CNN)


Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, Yalu River menjadi batas air yang memisahkan negara ini. Karena tak ada batasan jelas, wisatawan yang penasaran soal Korut bisa naik perahu untuk melihat daratan Sinuiju lebih dekat.

Dari atas kapal, wisatawan bisa melihat keseharian petani dan penjaga perbatasan Korut. Tapi semakin lama, warga Korut merasa risih. Sehingga jika ada kapal yang terlalu dekat, penjaga perbatasan Korut akan melempari kapal dengan batu. Begitu pula kalau penjaga tahu jika sedang di foto.

Itulah mengapa, kini Dandong menjadi salah satu destinasi menarik untuk melihat Korea Utara. Sebab, jalur DMZ di Korea dinilai terlalu ketat.

BACA JUGA: Kehidupan Rakyat Korut di Perbatasan China

Terpisahkan oleh Yalu River bukan berarti China dan Korut tak punya hubungan hangat. Kota ini disatukan dengan sebuah jembatan bernama Dandong Friendship Bridge. Lewat jembatan ini, para pedagang biasa melintas.

Saat malam tiba, pemandangan kontras akan terlihat di dua kota yang berhadapan ini. Di sisi China, ada Dandong yang menampilkan kerlap-kerlip lampu kondominium dan aktivitas komersial di pinggir sungai. Sedangkan wajah Kota Sinuiju sebaliknya.

Kota di China yang 'Face To Face' Dengan Korea Utara(AFP/CNN)


Kota Sinuiju didominasi oleh ladang dan bukit kosong. Sisi Sungai Yalu di Sinuiju diisi dengan kapal yang berkarat dan industri-industri kecil. Gelap dan sunyi adalah dua kata yanng tepat untuk menggambarkan malam di Sinuiji.

Bertetangga, membuat Dandong juga hunian etnis korea. Jumlahnya pun tidak sedikit. Kebanyakan dari mereka mencari nafkah dengan membuka restoran korea.

Bukan cuma wisatawan domestik yang datang ke Dandong. Turis dari Korea Selatan cukup sering datang ke Dandong untuk melihat kehidupan lain di Korut.

Kota di China yang 'Face To Face' Dengan Korea Utara
(AFP/CNN)


Tempat terbaik untuk menginap adalah Hotel Crowne Plaza yang terletak di tepi Sungai Yalu di Jalan Binjiang. Ada pula hotel bisnis China Home Inns yang berada dekat Sungai Yalu. Pemandangan yang diberikan tentu saja wajah Korea Utara.

Kota Dandong bisa dikunjungi dengan menggunakan pesawat atau kereta malam dari China. Kamu berminat?

Simak Video "Korea Utara Kembali Uji Coba Rudal Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA