Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Sep 2019 21:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Misteri Gurun Pasir Tertua di Dunia: Buatan Dewa Atau UFO?

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Gurun Namib (iStock)
Gurun Namib (iStock)
Windhoek - Gurun Namib miliki misteri yang belum terungkap hingga saat ini. Gurun ini miliki lingkaran-lingkaran hitam yang tak tahu dari mana asalnya.

Dilansir dari BBC Travel, Selasa (24/9/2019), Gurun Namib berlokasi di Pantai Afrika Barat. Gurun ini adalah salah satu tempat terkering di dunia, sekaligus merupakan salah satu gurun pasir tertua di dunia.

Luas Gurun Namib lebih dari 81 ribu km persegi dari Namibia, Angola sampai Afrika Selatan. Pada bagian ujungnya, pasir-pasir seakan jatuh secara dramatis ke laut.

BACA JUGA: Misteri Bernama Mata Sahara

Misteri Gurun Pasir Tertua di Dunia: Buatan Dewa Atau UFO?Foto: (iStock)


Hewan yang hidup di sana sangat bisa beradaptasi dengan lingkungan. Binatang-binatang cantik seperti oryx, springbok, zebra sampai binatang buas seperti cheetah, hyena dan burung unta yang telah beradaptasi untuk bertahan hidup dalam kondisi yang keras ini berlari cepat melintasi padang pasir.

Misteri Gurun Pasir Tertua di Dunia: Buatan Dewa Atau UFO?Foto: (iStock)


Padahal, bagian paling kering dari Namib hanya mengalami curah hujan setahun. Bahkan, selama beberapa tahun sebagian gurun tidak turun hujan.

Salah satu tempat yang memiliki misteri ini adalah fenomena geomorfik yang dikenal sebagai 'fairy cyrcle' atau lingkaran peri. Terkadang fenomena ini juga disebut lingkaran cincin.

Misteri Gurun Pasir Tertua di Dunia: Buatan Dewa Atau UFO?Foto: (BBC)


Tidak ada yang tahu dari mana asal lingkaran-lingkaran yang ada di atas gurun tandus ini. Beberapa orang lokal Himba, suku di Namibia mengatakan lingkaran itu adalah jejak kaki Tuhan. Beberapa orang juga percaya bahwa lingkaran misterius ini berasal dari UFO atau malaikat yang menari saat malam hari.

Sedangkan berdasarkan Institut Penelitian Namib dari ahli Entomologi, Eugene Marais menjelaskan dua teori mengenai hal tersebut. Teori pertama mengungkapkan bahwa fairy cyrcle berasal dari rayap yang membuat lingkaran untuk memanen air dan nutrisi dari tanah.

Misteri Gurun Pasir Tertua di Dunia: Buatan Dewa Atau UFO?Foto: (Namibia Eco Tours)


Teori kedua mengatakan lingkaran ini ada karena persaingan antara akar dan rumput. Akhirnya akar dan rumput ini membentuk lingkaran yang sama sama mengambil nutrisi dan air dari gurun.

Setelah bertahun-tahun berlalu, lingkaran ini lama lama kering dan menghilang. Ketika hujan turun, bagai sihir, lingkaran itu muncul kembali. Terakhir, Marais memiliki firasat tentang keanehan lingkaran di atas gurun ini disebabkan karena kombinasi beberapa faktor. Tapi faktor-faktor itu masih menjadi misteri hingga saat ini.

BACA JUGA: Pelan-pelan Memecahkan Misteri Nazca Lines

Gurun Namib tentu masuk dalam daftar tempat misterius di Bumi. Banyak operator tur di Namibia dan Afrika Selatan menjual paket perjalanan ke sana. Berminat?

Simak Video "Upaya China Menghijaukan Gurun Pasir Terluas"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA