Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Okt 2019 18:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tato dan Yakuza

Afif Farhan
detikTravel

Halaman 1 dari 6

Foto: (BBC/Anton Kusters)
Foto: (BBC/Anton Kusters)

Tokyo - Di Jepang, keberadaan tato dan Yakuza sulit dipisahkan. Mengapa anggotanya memakai tato? Betapa pentingnya tato bagi mereka?

Pasti kamu sudah tidak asing dengan nama Yakuza. Yakuza merupakan suatu sindikat terorganisir di Jepang yang sudah berusia ratusan tahun. Bisa dibilang, mafia ala Jepang.

Satu hal yang pasti tak lepas dari Yakuza adalah tato. Inilah ciri khas Yakuza yang sudah mendunia.

BACA JUGA: Jepang, Si Negara yang Kurang Tidur

BBC mewawancarai seorang pria bernama Anton Kusters. Anton adalah seorang seniman visual yang pernah bekerjasama dengan Yakuza pada tahun 2009-2011. Seperti dilansir detikcom dari BBC, Kamis (3/10/2019) Anton menceritakan segala hal tentang Yakuza termasuk soal tato.

"Bekerja dengan mereka adalah hal yang menarik," kata Anton membuka perbincangan.

Yakuza dikenal sebagai kelompok yang terlibat dalam aktivitas kejahatan, semisal prostitusi, judi dan pemerasan. Yakuza pun gemar memeras politisi, pebisnis dan perusahaan.

"Mereka selalu punya alasan untuk melakukan sesuatu dengan cara tertentu atau tidak melakukan sesuatu dengan cara tertentu," ujar Anton.

Hal utama yang Anton cermati saat masih bekerja dengan Yakuza adalah Yakuza tidak bisa hitam dan putih. Yakuza selalu abu-abu.

(Halaman selanjutnya, Yakuza adalah abu-abu)

(aff/aff)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA