Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Okt 2019 07:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tahu Nggak, Ada Negara yang Benderanya Gambar Senjata AK-47

Afif Farhan
detikTravel
Bendera Mozambik (iStock)
Bendera Mozambik (iStock)
Maputo - Tiap negara punya bendera dengan berbagai warna dan gambar. Tapi cuma negara ini, yang punya bendera dengan gambar senjata AK-47.

Negara yang punya bendera bergambar senjata AK-47 itu adalah Mozambik. Suatu negara di bagian selatan Afrika, yang berbatasan dengan Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, Malawi, Zambia dan Zimbabwe.

BACA JUGA: Cuma Satu di Dunia, Negara yang Namanya Diawali Huruf 'O'

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019) bendera Mozambik selalu masuk dalam daftar bendera-bendera terunik di dunia. Apalagi, kalau bukan karena ada gambar senjata modern di benderanya.

Mari kita lihat lebih dekat bendera Mozambik. Benderanya cukup 'ramai'. Ada warna hijau, hitam, dan kuning yang membentuk tiga garis. Kemudian di sebelah kiri terdapat segitiga yang berwarna merah dengan bintang berwarna kuning di bagian tengahnya.

Negara Ini Punya Bendera dengan Gambar Senjata AK-47Foto: (iStock)


Di tengah-tengah bintang tersebut, ada gambar lagi. Tertumpuk gambar buku yang berwarna putih dan cangkul serta senjata AK-47 dengan posisi membentuk huruf 'X'.

Tentu, tiap warna dan gambar ada maknanya. Warna hijau melambangkan tanah Afrika yang subur, warna hitam melambangkan warna kulit penduduknya dan kuning melambangkan kekayaan mineral.

Gambar bintang dengan warna merah melambangkan Marxisme, yakni sebuah paham yang berdasar pada pandangan-pandangan Karl Marx. Sedangkan gambar buku, adalah simbol pendidikan.

Kemudian gambar cangkul melambangkan sektor pertanian. Terakhir, senjata AK-47 merupakan simbol pertahanan negara.

Negara Ini Punya Bendera dengan Gambar Senjata AK-47Foto: (iStock)


BACA JUGA: Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia

Negara Mozambik merdeka dari bangsa Portugis pada tahun 1975. Sedangkan bendera dengan gambar senjata AK-47, baru dipakai pada 1 Mei 1983. Penggagas bendera tersebut adalah golongan partai politik FRELIMO (The Mozambique Liberation Front).

Usut punya usut, gambar senjata AK-47 sudah menjadi perdebatan. Meski diklaim sebagai simbol pertahanan negara, nyatanya banyak pihak yang menyebut itu merupakan simbol dari Perang Saudara di Mozambik.

Asal tahu saja, perang tersebtu berlangsung selama 15 tahun dari 1977-1992. Perang itu melibatkan FRELIMO, golongan partai politik RENAMO (Mozambican National Resistance), dan negara Angola. Total, 1 juta orang tewas!

Bisa dibilang, saat itu tiap partai atau golongan tertentu ingin mendapat kekuasaan setelah negaranya merdeka. Hingga kini, beberapa peperangan antar golongan masih terjadi di Mozambik.


Negara Ini Punya Bendera dengan Gambar Senjata AK-47Foto: (iStock)


Bendera negara dengan gambar senjata AK-47 juga sudah mendapat kritikan dari berbagai negara. Selain itu di tahun 2005, beberapa penduduk Mozambik pun merasa sebaiknya gambar senjata itu dihilangkan dan melakukan protes pada pemerintahnya.

Namun, pemerintah Mozambik tetap pada pendiriannya. Bendera Mozambik tidak akan pernah diganti, tetap seperti itu.



Simak Video " Potret Porak-poranda Permukiman di Mozambik Usai Topan Kenneth"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA